kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samsung dan LG Buka Pabrik LCD di China


Kamis, 24 Desember 2009 / 12:52 WIB
Samsung dan LG Buka Pabrik LCD di China


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

SEOUL. Dua produsen layar LCD terbesar di Korea Selatan, yakni Samsung Electronics Co. Ltd. dan LG Display Co. Ltd telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah Korea Selatan untuk merealisasikan rencana mereka membangun pabrik panel datar di China.

Dua perusahaan besar pembuat layar liquid crystal display (LCD) ini agak tergesa-gesa untuk membuat basis produksi di China. Sebab mereka memperkirakan Negeri Tirai Bambu ini bakal menjadi pangsa pasar LCD terbesar sejagat dalam beberapa tahun mendatang.

Selama ini sebagian besar perusahaan sejauh ini cuma menjadikan China sebagai tempat untuk perakitan saja. Langkah ini mereka lakukan untuk melindungi teknologi yang mereka miliki. Tapi saat ini produsen melihat pasar China memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi meskipun mereka tetap berhati-hati dengan perlindungan atas kekayaan intelektual yang kurang bagus.

Samsung berencana untuk membangun pabrik manufaktur memproduksi LCD generasi 7.5. di Suzou, Provinsi Jiangsu. Adapun nilai investasi mereka mencapai 2,6 triliun won atau setara dengan US$ 2,2 miliar.

Sementara LG Display telah meneken perjanjian dengan pemerintah kota Guangzhou, Provinsi Guangdong. Mereka berencana untuk investasi sebesar US$ 4 miliar untuk memproduksi panel generasi ke 8.

"Pemerintah Korea Selatan telah menyetujui untuk mengekspor teknologi LCD ke China, mengingat kebutuhan untuk mengelola pasar sangat cepat, terutama untuk pasar lokal. Ini sekaligus untuk menjalin kerjasama ekonomi antara Korea Selatan dengan China, kata seorang pejabat di kantor perdana menteri.

Berdasarkan hasil riset perusahaan China Display Search, perkiraan pasar TV LCD di China tumbuh menjadi 40,8 juta unit pada 2012 mendatang, dari saat ini yang masih sebesar 25 juta. Pasar ini menyusul pasar di Amerika Utara dan Eropa Barat.

Selain produsen asal Korea Selatan, belum lama ini peruhahan Jepang, Sharp Corp. menyatakan akan mendirikan usaha bersama dengan China Electronics Corp (CEC) untuk menbuat panel TV LCD di Nanjing Jiangsu. Sementara Taiwan AU Optronics TVV juga tengah melakukan pembicaraan dengan beberapa kota di China untuk mendirikan pabrik baru.




TERBARU

[X]
×