Saran Bill Gates untuk menjalani tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19

Selasa, 27 Oktober 2020 | 12:34 WIB Sumber: Inc.
Saran Bill Gates untuk menjalani tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19

Bill Gates menyarankan agar setiap orang mengubah perilaku dengan rajin memakai masker untuk cegah Covid-19.


KONTAN.CO.ID -  Miliarder dan filantropis, Bill Gates memberikan saran setiap orang agar dapat melalui tahun 2020 dengan aman dan agar pandemi Covid-19 dapat segera berlalu.

Pasalnya, pandemi ini telah memukul pendapatan sebagian besar orang dan mengacaukan tatanan ekonomi global.

Selama tujuh bulan terakhir, kita telah menyaksikan pandemi global, resesi, jutaan orang kehilangan pekerjaan mereka, dan ribuan bisnis tutup - banyak di antaranya secara permanen.

Menurut Gates, sangat mudah, terutama di saat-saat seperti ini, untuk menjadi korban gagasan bahwa kita tidak dapat mengendalikan dunia di sekitar kita. Akibatnya, tidak perlu banyak merasa bahwa kita hanya memiliki sedikit pengaruh atas masa depan kita sendiri.

Baca Juga: Peluang Gates

Kecuali, biasanya itu tidak benar. Hal yang paling luar biasa adalah seringkali tidak sulit untuk membalikkan keadaan jika kita tahu harus mulai dari mana.

Dalam sebuah wawancara dengan Politico's Playbook pada 13 Oktober, Bill Gates mengingatkan kita tentang fakta sederhana itu, dan itu hanya pesan yang perlu kita dengar tahun ini.

Gates secara khusus berbicara tentang pandemi - yang penting - tetapi poin yang dia buat jauh melampaui Covid-19.

Gates menunjukkan bahwa karena vaksin kemungkinan tidak akan tersedia secara luas sampai tahun depan, "yang kita miliki hanyalah perilaku kita," ujar Gates seperti dilansir Inc.com, Senin (26/10)

Secara khusus, yang Gates maksud adalah perilaku yang mencakup jarak sosial dan mengenakan masker. "Yang kita miliki hanyalah perilaku kita," tegas Gates.

Itu adalah pengingat yang cukup kuat yang bertentangan dengan kecenderungan alami kita untuk mencoba dan memperbaiki keadaan kita, bukan diri kita sendiri.

Baca Juga: Mengikuti strategi Warren Buffett bertahan dari kehancuran pasar saham tahap kedua

Jauh lebih mudah untuk menyalahkan faktor eksternal atas situasi yang kita hadapi, terutama ketika keadaan tersebut tampaknya hampir sepenuhnya di luar kendali kita selama sebagian besar tujuh bulan terakhir.

"Namun, mengubah situasi kita bisa sesederhana mengubah cara kita berinteraksi," terang Gates.

Gates menyarankan bahwa jika kita semua bersedia mengubah perilaku kita sendiri, sedikit saja, dan mudah-mudahan untuk waktu yang singkat, dunia di sekitar kita dapat kembali ke "normal" dengan lebih cepat.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru