kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sears selamat dari kebangkrutan usai mendapatkan penawaran US$ 5,2 miliar


Jumat, 18 Januari 2019 / 17:11 WIB
 Sears selamat dari kebangkrutan usai mendapatkan penawaran US$ 5,2 miliar


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - ILLIONIS. Sejak 2017, lebih dari 20 peritel Amerika Serikat (AS) telah mengajukan kebangkrutan dalam menghadapi persaingan dengan e-commerce seperti Amazon.com Inc. Terbaru, salah satu ikon ritel AS Sears juga dirundung kapailitan. Namun, perusahaan ini masih bernasib baik, karena berhasil memenangkan permohonan pernyataan pailit.

Dilansir dari Reuters, Presiden Direktur Sears Holdings Corp Eddie Lampert memenangkan lelang setelah meningkatkan penawaran sebesar US$ 5,2 miliar. Namun kreditur dengan cepat menentang kesepakatan ini

Sears memilih ESL Investments Inc sebagai pemenang pada lelang yang diawasi pengadilan setelah tawaran terbarunya melampaui proposal US$ 5 miliar. Keputusan ini didapat setelah melalui pembicaraan alot selama berminggu-minggu.

Kesepakatan itu akan menjadi angin segar bagi Sears lantaran toko ritel ini tetap dapat membuka lebih dari 400 toko dan mempertahankan 45.000 pekerjaan. 

Komite kreditor tanpa jaminan mengatakan di pengadilan bahwa mereka menentang penjualan dan meminta izin pengadilan untuk mengajukan pengaduan terhadap ESL.

"Tawaran ESL saat ini untuk menyelamatkan perusahaan tidak lain adalah pemenuhan akhir dari skema bertahun-tahun untuk menghilangkan Sears dan kreditor asetnya serta karyawannya dari pekerjaan sambil memenuhi isi kantong Lampert dan ESL sendiri," kata komite seperti melangsir Reuters, Jumat (18/1).

Komite berusaha menolak hutang yang digunakan ESL untuk menawar Sears. Selain itu, komite mendesak ESL agar melepaskan kesepakatan yang telah ada dengan Sears karena menguntungkan Lampert, termasuk penjualan aset real estat dan pemisahan Lands'End.

ESL mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya akan menggunakan segala upaya untuk menentang tuntutan terhadap perusahaan tersebut ataupun Lampert.

Penjualan Sears ke ESL sendiri harus disetujui oleh hakim pengadilan AS dan sidang untuk mempertimbangkan kesepakatan saat ini dijadwalkan pada 1 Februari nanti. Jika disetujui, maka transaksi diharapkan akan direalisasikan pada tanggal 8 Februari.




TERBARU

[X]
×