kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Sebelum membeli saham, pahami nasihat Warren Buffett ini


Kamis, 22 April 2021 / 20:34 WIB
Sebelum membeli saham, pahami nasihat Warren Buffett ini
ILUSTRASI. Sebelum membeli saham, pahami nasihat Warren Buffett ini


Sumber: Inc. | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Investor legendaris Warren Buffett, merupakan salah satu investor paling populer di dunia saat ini dan ia memang pantas mendapatkannya. Buffett juga suka membagikan nasihat yang bagus tentang berbagai topik yang berkaitan dengan investasi. 

Buffett mulai memberi nasihat soal bagaimana besikap sebagai investor saham, cara mencari saham yang bernilai bagus dan apa yang harus dicari saat mengamati sebuah perusahaan. Bahkan Buffett juga mengajarkan bagaimana investor bisa menghindari kesalahan dan kerugian besar.

Buffett bukan hanya seorang investor yang berhasil mendapatkan keuntungan luar biasa selama masa investasinya. Buffett juga salah satu individu paling bijaksana dengan beberapa nasihat terbaik.

Apakah itu nasihat yang diajarkan kepadanya melalui mentornya atau pelajaran yang dia pelajari selama ini, saran apa pun yang ditawarkan Buffett bisa sangat membantu.

Baca Juga: Wow kekayaan delapan orang paling tajir dunia saat ini bernilai US$ 1 triliun

Namun, satu nasihat Warren Buffet yang perlu diperhatikan adalah rekomendasinya agar Anda hanya berinvestasi pada apa yang Anda ketahui. Berinvestasi pada apa yang Anda ketahui itu penting. Ini tidak berarti bahwa Anda hanya boleh berinvestasi di industri yang mungkin Anda pahami saat ini.

Namun, jika Anda ingin membeli saham tertentu dan tidak dapat memahami fungsinya atau bagaimana hal itu menghasilkan uang, Anda mungkin harus menghindari investasi tersebut. Itu tidak selalu berarti bahwa saham tidak bernilai investasi bagi orang lain yang mungkin memahami bisnisnya.

Tetapi jika seorang investor tidak dapat dengan cepat memahami bagaimana bisnis menghasilkan uang dan faktor penting lainnya dari operasinya, bagaimana mungkin investor tersebut dapat memberi nilai pada bisnis dan mengetahui bahwa itu bernilai investasi?

Ini seharusnya cukup jelas setiap kali Anda meneliti saham. Jika Anda kesulitan memahami apa yang terjadi dengan bisnis tersebut, sebaiknya hindari saham itu untuk saat ini, setidaknya sampai Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang operasionalnya.

Baca Juga: Forbes: Orang yang sangat, sangat kaya menjadi sangat, sangat kaya lagi

Ada beberapa perusahaan, seperti saham teknologi, yang secara inheren akan selalu lebih sulit untuk dipahami. Dan Warren Buffett tidak takut untuk menghindari saham ketika dia tidak memahami sebuah perusahaan.

Namun, beberapa industri jauh lebih mudah, seperti saham atau utilitas telekomunikasi. Yang penting adalah apakah Anda dapat memahami bisnis ini atau tidak dan apakah Anda berminat untuk berinvestasi di dalamnya.




TERBARU

[X]
×