Sebut Hubungan dengan Rusia Kokoh, China Beri Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

Senin, 07 Maret 2022 | 15:27 WIB Sumber: Reuters
Sebut Hubungan dengan Rusia Kokoh, China Beri Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

ILUSTRASI. Warga menunggu di luar pusat akomodasi sementara setelah menyelamatkan diri dari invasi Rusia di Ukraina, di Korczowa, Polandia, Kamis (3/3/2022). REUTERS/Yara Nardi.


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Palang Merah China akan memberikan bantuan kemanusiaan ke Ukraina "sesegera mungkin", Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan pada Senin (7/3), sambil memuji persahabatan negaranya dengan Rusia yang "kokoh".

China telah menolak untuk mengutuk serangan Rusia ke Ukraina, atau menyebutnya sebagai invasi, sambil meminta negara-negara Barat untuk menghormati "masalah keamanan sah" negeri beruang merah.

Wang menyebutkan, penyebab "situasi Ukraina" adalah "kompleks" dan tidak terjadi dalam semalam.

"Memecahkan masalah kompleks membutuhkan ketenangan dan rasionalitas dibanding menambahkan bahan bakar ke api dan meningkatkan kontradiksi," katanya dalam konferensi pers di sela-sela pertemuan tahunan Parlemen China, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: AS dan Polandia Bahas Kesepakatan Pasok Jet Tempur ke Ukraina

China bersedia untuk terus melakukan upayanya sendiri untuk menyelesaikan krisis kemanusiaan. Palang Merah China akan "sesegera mungkin" memberikan sejumlah bantuan ke Ukraina, menurut Wang, tanpa memberikan princian.

Dan, Wang menegaskan, persahabatan antara China dan Rusia adalah "kokoh" dan prospek kerjasama kedua negara ke depan cerah.

"Seburuk apapun situasi internasional, baik China maupun Rusia akan mempertahankan tekad strategis mereka dan terus mendorong kemitraan koordinasi strategis yang komprehensif di era baru," ungkapnya.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru