Selamat, Thailand laporkan nol kasus baru corona sejak 9 Maret

Rabu, 13 Mei 2020 | 16:14 WIB Sumber: Reuters
Selamat, Thailand laporkan nol kasus baru corona sejak 9 Maret

ILUSTRASI. Orang-orang makan siang di restoran hotpot Penguin Eat Shabu yang dibuka kembali, setelah pelonggaran pembatasan dengan penerapan penghalang plastik dan langkah-langkah jarak sosial untuk mencegah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19), di Bangkok, T


KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Thailand, negara pertama di luar China yang mengonfirmasi kasus virus corona, pada Rabu (13/5) melaporkan tidak ada infeksi baru untuk pertama kalinya dalam dua bulan terakhir.

"Kita semua bisa merasa lega tetapi tidak lengah," kata Taweesin Wisanuyothin, juru bicara Pusat Administrasi Situasi Covid-19 Thailand, seperti dikutip Reuters.

"Kita perlu melanjutkan dengan langkah-langkah utama, tetap mencuci tangan, menjaga jarak sosial, dan memakai masker," ujarnya.

Baca Juga: Saat pembatasan dilonggarkan, kasus corona di Singapura tembus 25.000

Thailand mendeteksi kasus virus corona pertamanya, seorang turis dari China pada 13 Januari. Sejak itu, negeri gajah putih mencatat total 3.017 infeksi dan 56 kematian.

Taweesin mengatakan, daerah-daerah yang masih paling berisiko termasuk Bangkok dan provinsi-provinsi sekitarnya serta Thailand Selatan, di mana ada sejumlah besar kasus dalam dua minggu terakhir.

Yang memicu peningkatan kasus-kasus di Thailand Selatan adalah kelompok di pusat penahanan imigrasi di Provinsi Songkhla dan  provinsi-provinsi yang berbatasan dengan Malaysia. Tetangga Thailand ini memiliki 6.742 kasus virus corona dan 109 kematian.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru