kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selandia Baru akan membatalkan kebijakan penguncian COVID-19 pada awal Desember 2021


Senin, 22 November 2021 / 14:09 WIB
Selandia Baru akan membatalkan kebijakan penguncian COVID-19 pada awal Desember 2021
ILUSTRASI. Selandia Baru. REUTERS/Fiona Goodall


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WELLINGTON. Selandia Baru akan mengakhiri penguncian selama tiga setengah bulan di kota terbesar di negara itu, Auckland, awal bulan depan karena mengadopsi strategi pengendalian COVID-19 yang baru, kata Perdana Menteri Jacinda Ardern, Senin (22/11).

Ardern mengatakan bahwa mulai pukul 23.59 pada 2 Desember, Selandia Baru akan mengadopsi respons COVID-19 baru yang bertujuan untuk menahan varian Delta yang sangat menular, daripada mencoba menghilangkannya sepenuhnya. "Kenyataan yang sulit adalah bahwa Delta ada di sini dan tidak akan pergi," katanya kepada wartawan.

"Meskipun tidak ada negara yang mampu menghilangkan Delta sepenuhnya, Selandia Baru memiliki posisi yang lebih baik daripada kebanyakan negara untuk mengatasinya," tambahnya.

Ardern sampai sekarang telah mengupayakan penghapusan "nol COVID", dengan penguncian yang ketat, pelacakan kontak yang ketat, dan kontrol perbatasan yang ketat.

Meskipun hanya mengakibatkan 40 kematian dalam populasi 5 juta, tekanan telah meningkat untuk mengakhiri penguncian di Auckland yang diberlakukan pada pertengahan Agustus ketika varian Delta pertama kali terdeteksi.

Baca Juga: Jepang tetap gelontorkan stimulus saat negara lain mempererat kebijakan

Ardern awalnya berencana untuk menerapkan sistem baru ketika tingkat vaksinasi di negara itu mencapai 90 persen, tetapi menetapkan tanggal pembukaan 2 Desember meskipun levelnya saat ini sekitar 83 persen.

Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield merasa nyaman dengan perubahan terbesar kebijakan COVID-19 sejak awal pandemi. "Kami akan memasuki fase berikutnya, orang bisa berpendapat, posisi terbaik yang mungkin," katanya.

"Kami memiliki wabah yang terkendali, kami akan memasuki musim panas dan kami memiliki tingkat vaksinasi yang tinggi dan meningkat," ujarnya.

Di bawah sistem "lampu lalu lintas" tiga tingkat yang baru, hijau hampir tidak memiliki kontrol virus, sementara merah berarti bisnis dapat tetap buka tetapi pelanggan harus divaksinasi dan mematuhi jarak sosial. "Perbedaan utama antara kedua sistem adalah bahwa izin vaksin akan segera diperlukan di tempat-tempat seperti bar, gym, dan restoran," kata Ardern.

Dia mengatakan bahwa Auckland pada awalnya akan ditempatkan di bawah pengaturan merah, dan para pejabat masih menentukan bagaimana mengklasifikasikan daerah lain. Auckland saat ini ditutup dari wilayah Selandia Baru lainnya, dengan penghalang jalan yang akan dibongkar pada 15 Desember.

Aturan karantina yang ketat untuk kedatangan internasional akan tetap berlaku, tetapi Ardern telah berkomitmen untuk melonggarkannya awal tahun depan.

Selanjutnya: APEC sepakat, perdagangan bebas adalah kunci pemulihan pandemi Covid-19




TERBARU

[X]
×