kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selidiki asal usul virus corona, tim WHO akan berkunjung ke China awal Januari 2021


Kamis, 17 Desember 2020 / 11:10 WIB
Selidiki asal usul virus corona, tim WHO akan berkunjung ke China awal Januari 2021
ILUSTRASI. Logo WHO. REUTERS/Denis Balibouse


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa China telah menyambut tim penyelidik Covid-19 internasional yang diperkirakan akan melakukan perjalanan ke China pada awal Januari 2021.

Mengutip Reuters, Kamis (17/12), Babatunde Olowokure, direktur darurat regional WHO di Pasifik Barat mengatakan dalam konferensi pers bahwa WJO tengah berbicara dengan China mengenai ke mana para penyelidik akan melakukan perjalanan di China guna menyelidiki virus corona.

WHO terus menghubungi China dan untuk membahas tim internasional dan tempat-tempat yang mereka kunjungi," kata Olowokure pada konferensi pers yang disiarkan. 

"Pemahaman kami saat ini adalah bahwa China menyambut tim internasional dan kunjungan mereka ... Ini sudah diantisipasi, setahu kami, terjadi awal Januari," ujarnya. 

Baca Juga: Peringatan WHO: Ada risiko tinggi kebangkitan lebih lanjut virus corona di Eropa

Pada hari Rabu, seorang anggota dan diplomat WHO mengatakan kepada Reuters bahwa misi internasional yang dipimpin oleh WHO diperkirakan akan berkunjung ke China pada minggu pertama Januari untuk menyelidiki asal-usul virus yang memicu pandemi Covid-19.

Amerika Serikat, yang menuduh China menyembunyikan luasnya wabah, telah menyerukan penyelidikan yang dipimpin WHO yang "transparan" dan mengkritik persyaratannya, yang memungkinkan para ilmuwan China untuk melakukan tahap pertama dari penelitian pendahuluan.

Mengacu pada diskusi yang sedang berlangsung dengan China selama perjalanan, kata Olowokure dalam konferensi pers: "Ini tentu saja penting bagi kami dan untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang bagaimana penyelidikan akan berjalan."

Selanjutnya: Tim ahli internasional akan terbang ke China untuk menyelidiki COVID-19 berasal




TERBARU

[X]
×