kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seluruh pasukan AS resmi tinggalkan Afghanistan setelah berperang 20 tahun


Selasa, 31 Agustus 2021 / 10:40 WIB
Seluruh pasukan AS resmi tinggalkan Afghanistan setelah berperang 20 tahun
ILUSTRASI. Tentara AS tiba untuk memberikan keamanan dalam mendukung Operasi Pengungsi Sekutu di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, 20 Agustus 2021.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KABUL. Amerika Serikat akhirnya berhasil melakukan misi penarikan pasukannya dari Afghanistan sesuai jadwal. Dengan ini, AS sekaligus mengakhiri perang selama 20 tahun di negeri tersebut.

Melansir Reuters, sejumlah tembakan perayaan terdengar di Kabul setelah selesainya penarikan AS yang mengakhiri perang terpanjang bagi Negeri Paman Sam.

Perginya tentara AS secara menyeluruh ini telah dikonfirmasi oleh juru bicara Taliban Qari Yusuf. Kepada Al Jazeera TV, Qari menegaskan bahwa tentara AS terakhir telah meninggalkan bandara Kabul dan Afghanistan kini telah memperoleh kemerdekaan penuh.

Keputusan AS untuk menarik seluruh pasukannya mendapat banyak kritik karena dianggap akan memperburuk situasi keamanan di Afghanistan.

Baca Juga: Proses penarikan pasukan AS di Afghanistan terganggu serangan roket

Benar saja, tak lama setelah Presiden AS Joe Biden mengumumkan rencana penarikan pada bulan April lalu, serangan Taliban semakin gencar di berbagai lokasi. Puncaknya adalah saat militan Islam tersebut berhasil menguasai pemerintahan pada 15 Agustus 2021 lalu.

Meskipun demikian, Biden membela keputusannya untuk menarik seluruh pasukan AS tetap pada batas waktu, yakni hari Selasa (31/8).

"Sekarang, kehadiran militer kami selama 20 tahun di Afghanistan telah berakhir," ungkap Biden, seperti dikutip Reuters.

Mengakhiri perang 20 tahun

Keputusan Biden untuk menarik seluruh pasukan AS dari Afghanistan didasarkan pada keyakinan bahwa AS telah lama mencapai tujuan yang ditetapkan dalam menggulingkan Taliban pada 2001.

Saat itu AS menginvasi Afghanistan yang dipimpin Taliban karena dituding menyembunyikan militan Al Qaeda yang mendalangi serangan 11 September di World Trade Center (WTC) AS.

Baca Juga: Kutuk aksi ISIS di bandara Kabul, Biden: Kami akan memburu kalian!




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×