kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,91   -17,61   -1.88%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semakin membara, Azerbaijan sebut Armenia gunakan sistem rudal taktis Tochka-U


Kamis, 01 Oktober 2020 / 13:19 WIB
Semakin membara, Azerbaijan sebut Armenia gunakan sistem rudal taktis Tochka-U
ILUSTRASI. Seorang tentara Armenia menembakkan artileri selama pertempuran dengan pasukan Azerbaijan di wilayah Nagorno-Karabakh.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BAKU/YEREVAN. Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengklaim, pasukan Armenia menggunakan sistem rudal taktis Tochka-U untuk melawan pasukan Azerbaijan di garis kontak.

"Beberapa waktu lalu, Angkatan Bersenjata Armenia menggunakan sistem rudal taktis Tochka-U," kata Kementerian Pertahanan Azerbaijan, Rabu (30/9), seperti dikutip kantor berita TASS.

Tapi, Kementerian Pertahanan Azerbaijan menambahkan, tiga rudal Tochka-U yang pasukan Armenia tembakkan gagal meledak. 

Tochka-U merupakan rudal balistik taktis jarak pendek. Jangkauan maksimalnya adalah 120 kilometer.

Kementerian Pertahanan Armenia langsung membantah klaim Azerbaijan atas penggunaan rudal taktis Tochka-U di Nagorno-Karabakh.

Baca Juga: Turki: Kami bersama Azerbaijan, baik di meja perundingan maupun medan pertempuran!

Respons menghancurkan

"Kementerian Pertahanan Armenia secara resmi menyatakan, laporan media Azerbaijan mengenai penggunaan sistem rudal taktis Tochka-U oleh pihak Armenia adalah palsu," ujar Kementerian Pertahanan Armenia, Rabu (30/9), seperti dilansir TASS.

"Pada saat yang sama, kami juga memperingatkan, jika pihak Azerbaijan bermaksud menggunakan disinformasi ini untuk membenarkan penggunaan sistem serupa atau sistem dengan kaliber yang lebih tinggi, respons kami akan segera dan menghancurkan," tegasnya.

Situasi di Nagorno-Karabakh mulai membara pada 27 September, dengan bentrokan bersenjata yang memasuki hari keempat pada Rabu, 30 September. Darurat militer telah berlaku di Azerbaijan dan Armenia. 

Dalam letusan terbesar dari konflik yang telah berlangsung selama puluhan tahun sejak gencatan senjata 1994, pertempuran Azerbaijan dan Armenia telah menyebar jauh melampaui perbatasan di Nagorno-Karabakh.

Selanjutnya: Pertempuran dengan Azerbaijan kian sengit, Armenia mungkin minta bantuan Rusia




TERBARU

[X]
×