Setelah Kematian Warren Buffett, Setiap Anak di Bumi Mungkin Dapat Bagian Kekayaannya

Jumat, 29 Juli 2022 | 07:35 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Setelah Kematian Warren Buffett, Setiap Anak di Bumi Mungkin Dapat Bagian Kekayaannya

ILUSTRASI. Setelah Warren Buffett meninggal dunia, kemungkinan sebagian dari kekayaannya akan didistribusikan kepada setiap anak di planet ini. REUTERS/Scott Morgan 

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ketika taipan investasi miliarder Warren Buffett meninggal dunia, kemungkinan sebagian dari kekayaannya akan didistribusikan kepada setiap anak di planet ini.

Melansir Money Control, pada tahun 2006, CEO Berkshire Hathaway telah berjanji untuk memberikan 85% sahamnya di perusahaan itu untuk amal, dan sebagian besar dialokasikan untuk Yayasan Bill & Melinda Gates. Pada 2010, ia kembali berjanji untuk mendistribusikan kembali 99% kekayaannya untuk filantropi.

Jadi, dari nilai US$ 90 miliar saham Berkshire Buffett, sekitar US$ 56 miliar akan masuk ke Gates Foundation dan US$ 17,4 miliar untuk empat organisasi amal keluarga. Dengan demikian, ada dana sekitar US$ 18,7 miliar tanpa komitmen. 

Selain itu, Warren Buffett dilaporkan ingin miliaran dolarnya dihabiskan dalam waktu 10 tahun setelah kematiannya.

Tetapi sementara staf Gates Foundation telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari tahu di mana harus menyimpan uang karena beberapa penerima hibah Gates Foundation sudah maksimal, seorang mantan karyawan yayasan mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa mereka bertanya pada diri sendiri: “Jika dia meninggal, di mana kita akan menaruh uangnya? "

Baca Juga: Investasi Tuai Pujian, Warren Buffett: Bukan Karena Pintar, Tapi Karena Kami Waras

Salah satu ide yang muncul adalah untuk menciptakan bank tabungan anak-anak dunia, di mana setiap anak akan menerima ribuan dolar. 

“Itu duduk di rak, seperti rencana pertempuran jika Anda harus mewujudkannya,” kata mantan karyawan itu kepada publikasi.

Warren Buffett belum mengungkapkan rincian bagaimana kekayaannya akan didistribusikan setelah kematiannya. Jika Gates Foundation menerima cukup uang untuk mendistribusikannya di antara setiap anak di planet ini, maka hal itu akan membantu meratakan sosial ekonomi di dunia. 

Menurut publikasi tersebut, hal itu mungkin memberi orang tua keamanan finansial yang mereka butuhkan untuk memiliki anak dalam ekonomi saat ini. 

Mengutip wealthmanagement.com, penting untuk diingat bahwa janji amal Warren Buffett kepada Gates Foundation mungkin belum tentu dapat ditegakkan. Sebab, keberlakuan suatu janji adalah masalah hukum negara—agar suatu janji dapat dilaksanakan, ia harus memiliki pertimbangan sebagai imbalan atas janji. 

Baca Juga: 3 Kesalahan Terburuk Warren Buffett soal Investasi, Penasaran?

Terlepas dari yayasan mana yang mendapat rejeki nomplok setelah semua perencanaan warisan Warren Buffett dikatakan dan dilakukan, hampir pasti uang itu akan digunakan untuk tujuan yang baik — seperti kesehatan reproduksi dan kesehatan primer, yang dapat mencakup perluasan ke vaksinasi dan perawatan penyakit menular. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru