kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,23   -14,59   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapa Itu Hamas? Simak Asal-Usul, Tujuan, dan Para Pendukungnya


Sabtu, 14 Oktober 2023 / 06:40 WIB
Siapa Itu Hamas? Simak Asal-Usul, Tujuan, dan Para Pendukungnya
ILUSTRASI. Militan Hamas Palestina menghadiri unjuk rasa anti-Israel di Khan Younis, di selatan Jalur Gaza 27 Mei 2021. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

Siapa Itu Hamas - Pasukan Hamas melancarkan serangan skala besar ke wilayah Israel pada hari Sabtu (7/10) lalu. Serangan yang masih berlangsung tersebut telah menewaskan hingga 700 orang dari pihak Israel.

Serangan tersebut membuat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk memberikan peringatan adanya perang yang panjang dan sulit dalam beberapa waktu ke depan.

Jet-jet tempur Israel pun telah dikirim dan membombardir Jalur Gaza, meratakan gedung-gedung tinggi dan lingkungan sipil. Pertempuran antara militer Israel dan milisi Hamas ini sepertinya benar-benar akan berlangsung lama.

Lalu, siapa itu Hamas? Sejak kapan mereka ada dan apa tujuannya? Berikut adalah ulasan singkat mengenai profil Hamas, disarikan dari berbagai sumber.

Baca Juga: Militer Israel dan Hezbollah Saling Bertukar Tembakan Artileri dan Roket

Asal-Usul Berdirinya Hamas

Hamas adalah kependekan dari Harakat Al-Muqawamah Al-Islamiyyah atau dalam bahasa Indonesia berarti Gerakan Perlawanan Islam.

Pada dasarnya Hamas adalah gerakan nasionalis dan Islamis warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Kelompok ini didedikasikan untuk pembentukan negara Islam merdeka di Palestina

Hamas didirikan pada tahun 1987 sebagai cabang dari Muslim Brotherhood atau Ikhwanul Muslimin yang berbasis di Mesir. Hamas menentang upaya pendekatan sekular yang dilakukan oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) untuk mendamaikan Palestina dan Israel. 

PLO berharap ada pembagian wilayah sebagai bagian dari kesepakatan damai, sementara Hamas menghendaki kendali penuh atas semua wilayah Palestina yang telah ada sebelum Israel muncul.

Baca Juga: 600 Warganya Tewas, Israel Deklarasikan Perang Melawan Hamas!

Tujuan Gerakan Hamas

Saat ini Hamas secara politis menguasai Jalur Gaza dengan wilayah seluas sekitar 365 km persegi yang menjadi tempat tinggal bagi lebih dari dua juta orang.

Mengutip Al Jazeera, Hamas telah berkuasa di Jalur Gaza sejak tahun 2007, tepatnya sejak perang singkat melawan pasukan Fatah yang setia kepada Presiden Mahmoud Abbas.

Untuk mencapai tujuan mendirikan sebuah negara Islam di kawasan Palestina dan seluruh kawasannya yang diduduki Israel, Hamas berjuang lewat jalur politik dan militer.

Dari jalur politik, Hamas aktif dalam kontestasi politik Palestina. Kelompok ini bahkan sempat pemilu tahn 2006 dan terus memperluas pengaruhnya hingga saat ini.

Pemimpin Hamas saat ini, Ismail Abdel Salam Ahmed Haniyeh, merupakan politisi senior Palestina dan sempat menjabat Perdana Menteri Otoritas Nasional Palestina. Haniyeh sangat dihormati para pejuang karena dirinya lahir di sebuah kamp pengungsi di Jalur Gaza pada tahun 1962.

Dari jalur militer, Hamas saat ini memiliki pasukan yang disebut Brigade Izz ad-Din al-Qassam. Pasukan ini juga yang bertanggung jawab atas serangan terhadap Israel baru-baru ini.

Baca Juga: Serangan Besar Pejuang Hamas ke Wilayah Pendudukan Israel Gemparkan Dunia

Pendukung Hamas

Gerakan Hamas yang sangat subur merupakan bagian dari aliansi regional yang beranggotakan Iran, Suriah, Qatar, dan kelompok Hizbullah di Lebanon. Seluruh anggotanya kompak menentang kebijakan AS terhadap Timur Tengah dan Israel.

Hamas dan kelompok Islamic Jihad juga kerap menyatukan kekuatan melawan Israel. Islamic Jihad yang merupakan kelompok bersenjata terbesar kedua di kawasan tersebut juga menjadi sekutu terpenting Hamas, karena mampu mengoordinasikan aktivitas militer di antara berbagai kelompok bersenjata di Gaza.

Sayangnya, hubungan keduanya sempat memanas karena Hamas memberikan tekanan pada Islamic Jihad untuk menghentikan serangan terhadap Israel.

Selanjutnya: Menentukan Tujuan Sebelum Investasi

Menarik Dibaca: Punya Kolesterol Tinggi? Ini 5 Tanda Anda Harus Menurunkan Berat Badan




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×