kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapa Pangeran Charles, Raja Inggris yang Menggantikan Ratu Elizabeth II?


Jumat, 09 September 2022 / 10:50 WIB
Siapa Pangeran Charles, Raja Inggris yang Menggantikan Ratu Elizabeth II?


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pangeran Charles adalah anak tertua Ratu Elizabeth II yang menjadi Raja Charles III menggantikan Ratu Elizabeth II. 

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun setelah menjabat sebagai Ratu Inggris selama 70 tahun. Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia setelah kondisi kesehatannya menurun dan berada di bawah pengawasan tim dokter Kerajaan Inggris. 

Raja berusia 96 tahun itu telah dirundung masalah kesehatan sejak Oktober tahun lalu yang membuatnya kesulitan berjalan dan berdiri. Kini, Pangeran Charles yang sebelumnya bergelar Pangeran Wales menjadi raja Inggris dengan gelar Raja Charles III. 

Lantas, siapa Pangeran Charles dan seperti apa profil Pangeran Wales tersebut? 

Baca Juga: Apa Itu Operation London Bridge is Down, Kode Saat Ratu Elizabeth II Meninggal?

Profil Pangeran Charles

Pangeran Charles   

Dirangkum dari laman resmi Royal.uk, Pangeran Wales adalah putra tertua Ratu Elizbeth II dan Pangeran Philip yang lahir di Istana Buckingham pada pukul 21.14 tanggal 14 November 1948.  Sehingga, pada tahun ini umur Pangeran Charles adalah 74 tahun. 

Pada Februari 1952, ibunya yakni Elizabeth kemudian dinobatkan menjadi Ratu Elizabeth II setelah ayahnya Raja George VI meninggal pada usia 56 tahun. Hal ini membuat Pangeran Charles dinobatkan sebagai ahli waris kerajaan Inggris pada usia tiga tahun.

Pangeran Charles sebagai pewaris tahta kerajaan pun mendapatkan gelar Duke of Cornwal. Selanjutnya, pada 7 November 1956, Pangeran Charles mulai bersekolah di sekolah Hill House. 

Selanjutnya, pada 1967 Pangeran Charles melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Cambridge dan di Trinity College. 

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Ini Nama Lengkap dan Profilnya

Bercerai dengan Putri Diana dan Menikahi Camilla 

Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles

Pada 29 Juli 1981, Pangeran Wales menikahi Lady Diana Spencer di Katedral St Paul. Selanjutnya, pada 21 Juni 1982, Putri Diana melahirkan putra pertama mereka yakni Pangeran William. 

Kemudian, pada 15 September 1994, Pangeran Harry lahir. Sayangnya, pernikahan mereka tidak berjalan harmonis dan dipenuhi dengan isu perselingkuhan. Salah satunya, isu perselingkuhan antara Pangeran Charles dengan mantan pacarnya yakni Camilla Bowles. 

Hingga, pada 9 Desember 1992, Perdana Menteri Inggris John Major mengumumkan kepada House of Commons bahwa Pangeran Charles dan Putri Diana telah setuju untuk berpisah. 

Baca Juga: Selamat Jalan Queen Elizabeth II, Ini Fakta Menarik Ratu Elizabeth II Semasa Hidupnya

Pernikahan keduanya pun resmi selesai pada 28 Agustus 1996. Setelah perceraian tersebut, Putri Diana masih dianggap sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris. 

Putri Diana tetap tinggal di Istana Kensington dan melakukan pekerjaan publiknya untuk sejumlah badan amal. Pada 31 Agustus 1997, ketika Putri Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris, Pangeran Wales terbang ke Paris bersama dua saudara perempuannya untuk membawa jenazahnya kembali ke London. 

Selanjutnya, pada 9 April 2005, Pangeran Charles akhirnya menikahi Camilla Parker Bowles dalam sebuah upacara sipil di Guildhall, Windsor. Setelah pernikahan tersebut, Camilla Parker Bowles dikenal sebagai The Duchess of Cornwall.

Kemudian, pada 9 September 2022 gelar Pangeran Charles berubah menjadi Raja Charles III setelah ibunya Ratu Elizabeth II meninggal dunia.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×