kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.568.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.280   -90,00   -0,56%
  • IDX 7.017   -71,99   -1,02%
  • KOMPAS100 1.040   -10,68   -1,02%
  • LQ45 811   -9,46   -1,15%
  • ISSI 212   -0,48   -0,23%
  • IDX30 416   -5,22   -1,24%
  • IDXHIDIV20 497   -6,62   -1,31%
  • IDX80 119   -1,44   -1,20%
  • IDXV30 123   -0,58   -0,47%
  • IDXQ30 137   -1,93   -1,39%

Simak 5 merek perusahaan paling mahal asal Jepang


Minggu, 19 Juli 2020 / 04:50 WIB
Simak 5 merek perusahaan paling mahal asal Jepang
ILUSTRASI. The Toyota company logo is see on a Yaris model car that is on display at Toyota's automobile manufacturing plant before the visit by the French president in Onnaing, France, January 22, 2018. REUTERS/Pascal Rossignol


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Perusahaan konsultan marketing Brand Finance baru-baru merilis daftar merek paling bernilai di dunia untuk tahun 2020. Beberapa perusahaan asal Jepang masuk dalam deretan korporasi paling bernilai sejagat.

Untuk melakukan pemeringkatan merek, Brand Finance menggunakan berbagai indikator antara lain kinerja keuntungan dari merek itu sendiri, total penjualan, hingga jangkauannya secara global.

Baca Juga: Mantap, Samsung Electronics kembali raih gelar merek paling populer di Asia

Dikutip dari laporan Japan 100 2020 yang dirilis Brand Finance, Jumat (17/7/2020), berikut daftar 5 merek paling mahal asal Jepang

1. Toyota

Toyota mencatatkan diri sebagai perusahaan dengan merek paling mahal di Jepang. Merek Toyota bernilai 6,339 triliun yen atau sekitar Rp 872 triliun (kurs Rp 137).

Nilai brand Toyota naik sebesar 9,1% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan rating AAA. Toyota merupakan perusahaan multinasional Jepang yang bermarkas di Aichi, dengan jumlah karyawan lebih dari 360.000 di seluruh dunia.

Baca Juga: Harga mobil Ford bekas tahun muda hanya Rp 100 jutaan

2. Mitsubishi Group

Mitsubishi merupakan pabrikan otomotif terbesar kedua di Negeri Sakura. Nilai mereknya sebagaimana dicatat Brand Finance yakni sebesar 4,11 triliun yen atau naik sebesar 40% dibandingkan tahun 2019.

Perusahaan ini didirikan oleh Iwasaki Yataro pada tahun 1870. Berbeda dengan Toyota yang lebih banyak berfokus pada otomotif, Mitsubishi banyak melebarkan sayapnya di industri keuangan, elektronik manufaktur, industri berat, hingga perdagangan.

3. NTT Group

Posisi ketiga perusahaan dengan merek paling bernilai ditempati oleh Nippon Telegraph and Telephone (NTT Group). Nilai brand perusahaan ini mencapai 3,968 triliun yen atau lebih kecil 14,3% dibandingkan tahun lalu.

Sesuai namanya, perusahaan ini bergerak di sektor telekomunikasi dan jadi pemimpin pasar jaringan seluler di Jepang. NTT Group sahamnya dikuasai pemerintah Jepang.

Baca Juga: Penjualan Mobil Semester I 2020 Gembos Hingga 45,88%

4. Honda

Perusahaan otomotif Honda berada di peringkat keempat sebagai pemilik merek paling bernilai asal Jepang. Brand Honda ditaksir bernilai 3,613 triliun yen atau naik sebesar 26,3% dibandingkan tahun 2019.

Pada tahun 2018, perusahaan multinasional ini membukukan laba sebesar 1,05 triliun yen dari pendapatan sebesar 15,36 triliun yen. Selain dikenal sebagai pabrikan motor dan mobil, Honda kini banyak menggarap pembuatan pesawat terbang.

5. Sumitomo Group

Sumitomo Group berada di posisi kelima sebagai perusahaan pemegang merek paling mahal di Jepang dengan nilai 3,045 triliun yen atau naik tipis sebesar 2,7% dibandingkan tahun 2019 yang nilainya tercatat sebesar 2,86 triliun yen.

Sumitomo merupakan raksasa Jepang yang jadi salah satu perusahaan tertua dunia. Perusahaan ini dirintis oleh Masamoto Sumitomo pada tahun 1615 dan kini telah beroperasi di 114 negara di dunia. (Muhammad Idris)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar 5 Merek Perusahaan Paling Mahal Asal Jepang"

Logo HONDA



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×