Simulasi Serangan Musuh, Taiwan Adakan Latihan Militer Tembakan Langsung

Senin, 08 Agustus 2022 | 16:06 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Simulasi Serangan Musuh, Taiwan Adakan Latihan Militer Tembakan Langsung

ILUSTRASI. Taiwan akan mengadakan latihan militer tembakan langsung minggu ini, mensimulasikan serangan musuh. REUTERS/Ann Wang.

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Taiwan akan mengadakan latihan militer tembakan langsung minggu ini yang mensimulasikan pertahanan pulau itu dari invasi China, ketika Beijing melakukan latihan militer baru di sekitar tetangganya.

Militer Taiwan bakal menggelar latihan anti-pendaratan di wilayah paling selatan, Pingtung pada Selasa (9/8) dan Kamis (10/8).

"Kami akan berlatih gerakan balasan terhadap simulasi serangan musuh di Taiwan," Lou Woei-jye, juru bicara Korps Ke-8 Angkatan Darat Taiwan kepada AFP, Senin (8/8), seperti dikutip Channel News Asia.

Latihan militer tersebut akan mencakup pengerahan ratusan tentara dan sekitar 40 meriam howitzer.

Tapi, Lou mengatakan, militer Taiwan sudah merencanakan latihan militer itu jauh-jauh hari, bukan sebagai tanggapan atas latihan militer China.

Baca Juga: Masih Panas, China Gelar Latihan Militer Baru di Laut dan Udara Sekitar Taiwan

Sementara China mengumumkan latihan militer baru pada Senin (8/8) di wilayah laut dan udara di sekitar Taiwan, sehari setelah salah satu latihan militer terbesarnya berakhir pada Minggu (7/8).

Melansir Reuters, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengatakan, akan melakukan latihan milter yang berfokus pada operasi anti-kapal selam dan serangan laut.

Durasi dan lokasi yang tepat dari latihan militer terbaru China belum diketahui. Tapi, Taiwan telah melonggarkan pembatasan penerbangan di dekat enam area latihan militer China sebelumnya.

Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan pekan lalu membuat marah China, termasuk menggelar salah satu latihan militer terbesarnya mulai Kamis (4/8) pekan lalu dan meluncurkan uji coba rudal balistik di atas Taipei untuk pertama kalinya.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru