kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Singapura menyarankan warga yang belum divaksinasi untuk tinggal di rumah


Senin, 19 Juli 2021 / 10:27 WIB
Singapura menyarankan warga yang belum divaksinasi untuk tinggal di rumah
ILUSTRASI. Singapura menganjurkan penduduk yang tidak divaksinasi untuk tinggal di rumah selama beberapa minggu ke depan


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Kementerian Kesehatan Singapura sangat menganjurkan penduduk yang tidak divaksinasi, terutama orang tua, untuk sedapat mungkin tinggal di rumah selama beberapa minggu ke depan. Imbauan ini muncul di tengah peningkatan risiko penyebaran komunitas Covid-19 .

Singapura melaporkan 88 kasus virus corona baru yang ditularkan secara lokal pada hari Minggu (18/7). Ini adalah kasus harian tertinggi sejak Agustus tahun lalu. Peningkatan kasus Covid Singapura didorong oleh meningkatnya kelompok infeksi yang terkait dengan bar karaoke dan pelabuhan perikanan.

Meskipun kasus harian Singapura hanya sebagian kecil dari jumlah yang dilaporkan di antara negara-negara tetangganya di Asia Tenggara, lonjakan infeksi merupakan kemunduran bagi pusat bisnis Asia, yang telah berhasil menahan wabah sebelumnya. Pada 10 Juli, tidak ada kasus baru yang dilaporkan.

Sebagai tindakan pencegahan, pihak berwenang pada hari Minggu menutup kios ikan segar dan makanan laut di pasar-pasar di seluruh Singapura. “Kami khawatir masih ada rantai transmisi samar yang mungkin terus menyebar di dalam komunitas kami,” kata kementerian kesehatan dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam.

Baca Juga: Jangan asal makan, ini makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat isoman

Sekitar 73% dari 5,7 juta penduduk Singapura telah menerima dosis pertama vaksin Covid-10. Tetapi pemerintah mendorong agar lebih banyak lansia divaksinasi. Penduduk yang berusia di atas 70 tahun memiliki tingkat vaksinasi terendah sekitar 71%.

Kasus yang meningkat mendorong Singapura untuk memperketat beberapa pembatasan pertemuan sosial mulai Senin, hanya seminggu setelah melonggarkannya. Namun, ada aturan yang lebih lunak bagi mereka yang telah divaksinasi.

Ketika tingkat vaksinasi Singapura meningkat dan bersiap untuk hidup dengan virus, pemerintah mengatakan akan melihat melampaui jumlah kasus pada tingkat keparahan penyakit untuk memutuskan tindakan virus lebih lanjut.

Dari 243 orang dengan COVID-19 yang saat ini dirawat di rumah sakit, lima memiliki penyakit serius yang membutuhkan suplementasi oksigen, dan satu dalam kondisi kritis di unit perawatan intensif. 

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19, Minggu (18/7): Vaksinasi lengkap baru 7,81% dari target




TERBARU

[X]
×