kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sisa persenjataan Amerika Serikat meramaikan parade militer Taliban


Senin, 15 November 2021 / 11:12 WIB
Sisa persenjataan Amerika Serikat meramaikan parade militer Taliban
ILUSTRASI. Pasukan Taliban?menaiki kendaraan lapis baja selama parade militer Taliban di Kabul, Afghanistan 14 November 2021. REUTERS/Ali Khara


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KABUL. Taliban berupaya menunjukkan kemampuan pertahanannya melalui sebuah parade militer pada hari Minggu (14/11). Menariknya, mayoritas persenjataan yang ditampilkan merupakan hasil rampasan milik militer Amerika Serikat yang meninggalkan Afghanistan bulan Agustus lalu.

Dilansir dari Reuters, juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan, Enayatullah Kwarazmi, mengatakan bahwa parade tersebut merupakan perayaan kelulusan sekitar 250 tentara yang baru dilatih.

Parade tersebut melibatkan lusinan kendaraan keamanan lapis baja M117 buatan AS. Semuanya melaju di jalan utama Kabul dengan pengawalan dari helikopter MI-17, buatan Rusia, dari udara.

Sebagian besar senjata yang dibawa oleh para prajurit adalah sisa pasokan senjata AS kepada pemerintah Afghanistan yang dulu memerangi Taliban.

Baca Juga: Taliban meminta komunitas internasional mengakui pemerintahan mereka di Afghanistan

Pejabat militer Taliban juga akan segera memasukkan pilot, mekanik dan spesialis lain dari Tentara Nasional Afghanistan ke dalam dalam pasukan baru yang kini diatur oleh pemerintahan Taliban.

Perginya pasukan AS dari Afghanistan memberikan cukup banyak manfaat bagi Taliban, terutama dari segi pertahanan. Laporan akhir tahun lalu oleh Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (Sigar) mengungkap bahwa AS telah mentransfer lebih dari US$ 28 miliar anggaran pertahanan ke pemerintah Afghanistan.

Dana besar tersebut dialokasikan untuk layanan pertahanan, termasuk senjata, amunisi, kendaraan, perangkat penglihatan malam, pesawat, dan sistem pengawasan, dari tahun 2002 hingga 2017.

Baca Juga: Rusia: Jangan sampai sisa senjata AS di Afghanistan disalahgunakan Taliban




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×