kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Situasi di Semenanjung Korea Berbahaya, Korut Percepat Kemampuan Pertahanan Diri


Rabu, 27 September 2023 / 06:15 WIB
Situasi di Semenanjung Korea Berbahaya, Korut Percepat Kemampuan Pertahanan Diri
ILUSTRASI. Korut menuduh Amerika Serikat dan Korea Selatan mendorong semenanjung Korea lebih dekat ke jurang perang nuklir. Pemerintah Daerah Primorsky Krai/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA. Utusan Korea Utara untuk PBB pada hari Selasa (28/9/2023) menuduh Amerika Serikat dan Korea Selatan mendorong semenanjung Korea lebih dekat ke jurang perang nuklir.

Mengutip Reuters, Korea Utara juga mengatakan kepada Majelis Umum PBB, terkait hal tersebut negaranya tidak punya pilihan selain melanjutkan dan mempercepat pengembangan kemampuan pertahanan diri.

“Tahun 2023 tercatat sebagai tahun yang sangat berbahaya,” kata Duta Besar Kim Song pada hari terakhir pertemuan tahunan para pemimpin dunia di PBB. 

Dia menambahkan, “Semenanjung Korea berada dalam situasi yang sangat berbahaya dengan bahaya pecahnya perang nuklir.”

“Mengingat keadaan yang ada, DPRK (Korea Utara) memandang sangat perlu untuk lebih mempercepat pembangunan kemampuan pertahanan diri untuk mempertahankan diri mereka sendiri,” kata Kim kepada Majelis Umum yang beranggotakan 193 orang.

Korea Utara telah menguji puluhan rudal balistik dalam 18 bulan terakhir. Amerika Serikat telah lama memperingatkan bahwa Pyongyang siap melakukan uji coba nuklir ketujuh.

Baca Juga: Kim Jong Un Kirim Surat ke Xi Jinping, Isinya Bikin Penasaran

Pyongyang mengatakan pihaknya menggunakan haknya untuk membela diri dengan melakukan uji coba rudal balistik untuk menjaga kedaulatan dan kepentingan keamanannya dari ancaman militer.

“DPRK tetap teguh dan tidak berubah dalam tekadnya untuk dengan tegas membela kedaulatan nasional, kepentingan keamanan, dan kesejahteraan rakyat dari ancaman musuh dari luar,” kata Kim.

Korea Utara – yang secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) – telah berada di bawah sanksi Dewan Keamanan PBB karena program rudal dan nuklirnya sejak tahun 2006. Langkah-langkah tersebut terus diperkuat selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Rusia-Korea Utara Jalin Kerja Sama Militer, Sejumlah Negara Ini Suarakan Keprihatinan

Namun, selama beberapa tahun terakhir, Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 negara berbeda pendapat mengenai cara menangani Pyongyang. Rusia dan Tiongkok, yang mempunyai hak veto bersama Amerika Serikat, Inggris dan Perancis, mengatakan bahwa sanksi yang lebih besar tidak akan membantu dan mereka ingin tindakan seperti itu dilonggarkan.

China dan Rusia mengatakan latihan militer gabungan yang dilakukan AS dan Korea Selatan memprovokasi Pyongyang, sementara Washington menuduh Beijing dan Moskow menguatkan Korea Utara dengan melindungi negara tersebut dari sanksi lebih lanjut.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×