Slovakia Mulai Terima Sistem Pertahanan Udara Patriot dari NATO, Siap Bantu Ukraina

Senin, 21 Maret 2022 | 09:04 WIB Sumber: Reuters
Slovakia Mulai Terima Sistem Pertahanan Udara Patriot dari NATO, Siap Bantu Ukraina

ILUSTRASI. Sistem pertahanan udara Patriot milik AS selama latihan pertahanan udara Toburq Legacy 2017 di lapangan terbang militer dekat Siauliai, Lithuania, 20 Juli 2017. REUTERS/Ints Kalnins


KONTAN.CO.ID - PRAHA. Bantuan sistem pertahanan udara Patriot yang dijanjikan NATO akhirnya tiba di Slovakia pada hari Minggu (20/3). Menteri Pertahanan Slovakia memastikan akan pengerahan Patriot akan berlanjut dalam beberapa hari ke depan.

Mengutip Reuters, sistem pertahanan udara ini akan dioperasikan oleh pasukan Jerman dan Belanda. Unit pertama ini akan dikerahkan di bandara Sliac, Slovakia, untuk membantu pertahanan sayap timur NATO.

"Saya dengan senang hati mengonfirmasi bahwa unit pertama yang bertugas menyebarkan sistem pertahanan udara Patriot secara bertahap tiba di Slovakia," kata Menteri Pertahanan Jaroslav Nad melalui Facebook.

Baca Juga: Rusia: Pemberian Sistem Pertahanan Udara ke Ukraina Hanya Kacaukan Situasi

Lebih lanjut, Nad memastikan bahwa sistem Patriot akan menjadi pelengkap sistem S-300 yang sudah digunakan Slovakia sejak era Uni Soviet.

Melalui pernyataan resminya, Nad juga mengatakan titik penempatan Patriot lainnya sedang dikonsultasikan. Pemerintah akan memastikan jangkauannya mampu melindungi sebagian besar wilayah Slovakia dari ancaman rudal Rusia.

Datangnya sistem pertahanan udara Patriot ini merupakan langkah lanjutan dari janji Slovakia untuk menyediakan S-300 ke Ukraina jika telah mendapatkan penggantinya.

Baca Juga: Slovakia Siap Pasok Rudal S-300 ke Ukraina, Asal NATO Menggantinya

"Kami telah berdiskusi dengan AS, Ukraina, dan juga sekutu lainnya tentang kemungkinan untuk menyebarkan, mengirim, atau memberikan S-300 ke Ukraina dan kami bersedia untuk melakukannya. Kami bersedia melakukannya segera ketika kami memiliki pengganti yang tepat," kata Nad pada hari Kamis (17/3).

Sistem Patriot yang diterima Slovakia ini akan menjadi bagian dari kelompok pertempuran baru NATO di Slovakia. Ini juga menjadi langkah pencegahan NATO karena Slovakia berbatasan langsung dengan Ukraina di bagian Timur.

Slovakia sedang berupaya menggantikan sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia yang mulai menua. Selain itu, Slovakia juga berusaha mengurangi ketergantungannya pada Rusia.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru