kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soros sarankan Jerman keluar dari Eropa


Rabu, 10 April 2013 / 13:56 WIB
Soros sarankan Jerman keluar dari Eropa
OPINI - Umbu TW Pariangu: Parade Koruptor Pemimpin Lokal. Beliau adalah Dosen FISIP Universitas Nusa Cendana, Kupang


Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

FRANKFURT. Jutawan dunia George Soros mengkritisi peran Jerman dalam krisis utang di Eropa. Bahkan dia mengimbau agar Jerman segera keluar dari Uni Eropa.

Menurut Soros, saat ini perekonomian Eropa semakin memburuk seiring dengan terjadinya peningkatan program penghematan anggaran dan bailout.

"Masalahnya adalah saat ini Jerman menerapkan kebijakan yang salah terhadap zona Eropa. Program penghematan tidak akan berdampak apapun. Anda tidak bisa menekan beban utang dengan menekan defisit anggaran," jelas Soros, pendiri Soros Fund Management saat menjadi pembicara di Germany's financial center di Frankfurt hari ini (10/4).

Soros yang juga dikenal sebagai "perusak Bank of England" karena bertaruh terhadap poundsterling pada awal 1990-an menjelaskan, Jerman melakukan kesalahan besar terhadap bailout Siprus senilai 10 miliar euro atau US$ 13,07 miliar yang juga memaksa deposan untuk menanggung biaya tersebut.

"Pada bailout Siprus, Jerman sudah bertindak terlalu jauh. Apa yang terjadi di Siprus menandai model bisnis  bank Eropa yang sangat tergantung pada dana deposito," urainya.

Dalam pidatonya berjudul "Bagaimana menyelamatkan Uni Eropa dari krisis euro", Soros menjelaskan bahwa Jerman memiliki tanggungjawab besar terhadap krisis yang terjadi saat ini.

"Saya ingin menegaskan bahwa saya tidak menyalahkan Jerman. Siapapun yang bertanggung jawab akan membuat kesalahan yang sama.  Saya menyadari bahwa saya mengambil risiko berlawanan dengan pendapat Anda dengan meletakkan tanggung jawab terhadap Jerman. Tapi hanya Jerman yang dapat menyelesaikan hal ini dengan  benar," katanya.

Dia bilang, Jerman memiliki dua pilihan. Yakni, tidak lagi menentang penerbitan eurobonds atau meninggalkan Eropa.

"Pilihan saya yang pertama adalah eurobonds. Pilihan kedua adalah Jerman meninggalkan euro. Tapi hal ini terserah kepada Jerman untuk memutuskannya. Namun, Jerman tidak memiliki hak untuk mencegah negara-negara yang terlilit utang besar untuk bersatu dan menerbitkan eurobonds agar bisa keluar dari penderitaan mereka. Dengan kata lain, jika Jerman menentang penerbitan eurobonds, maka Jerman harus mempertimbangkan keluar dari Eropa dan membiarkan negara lain menerbitkannya," urai Soros panjang lebar.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×