kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

S&P downgrade rating Prancis


Sabtu, 14 Januari 2012 / 06:31 WIB
S&P downgrade rating Prancis
ILUSTRASI. BTS 4G


Reporter: Asnil Bambani Amri, Bloomberg | Editor: Asnil Amri

LONDON. Standard & Poor (S&P) menurunkan peringkat rating kredit Perancis dari kelompok rating AAA menjadi AA+. Penurunan rating tersebut diprediksi mempersulit kawasan Uni Eropa membendung krisis di wilayahnya.

Selain Perancis, Austria juga bernasib sama. Sementara itu rating Spanyol dan Italia juga ikut turun, menyambut laporan rencana Perancis menjual obligasi $ 11 milyar pada 16 Januari mendatang.

Pengumuman peringkat oleh S&P yang berlangsung di Frankfurt itu, mengumumkan rating Finlandia, Belanda dan Luxembourg yang tetap berada pada peringkat AAA, tetapi mereka ditempatkan pada kelompok negatif.

"Menurut kami, inisiatif kebijakan yang diambil pejabat Eropa beberapa pekan terakhir tidak cukup kuat mengatasi tekanan sistemik yang berlangsung di zona euro," kata S & P dalam sebuah pernyataan.

S & P mengambil sikap pada akhir pekan ini melihat pertumbuhan ekonomi Eropa yang makin mengkhawatirkan akibat hutang yang jatuh tempo. Downgrade rating Perancis diperkirakan dapat mempersulit zona euro memperoleh dana talangan untuk wilayahnya. "Saya tidak yakin penurunan peringkat akan memiliki dampak pasar yang besar," kata Jonathan Loynes, salah satu ekonom Eropa, kepala Capital Economics Ltd di London.

Turunnya rating Perancis tersebut, terjadi saat pemimpin Eropa meredam krisis yang memasuki tahun ketiga. Mereka berusaha meyakinkan investor kalau mereka dapat memulihkan masalah keuangan negaranya.

Kreditur dari Yunani hari ini menghentikan perundingan dengan pemerintah karen gagal menyepakati kesepakatan. Beberapa dari mereka akan kehilangan investasi dengan menukar obligasi milik negara, yang bisa meningkatkan risiko default pertama terhadap euro.

Euro saat ini jatuh ke titik terlemah dalam 16 bulan terhadap dolar Amerika Serikat (AS), menjadi US$ 1,2665. Sementara itu, Menteri keuangan Perancis berusaha meredam dampak penurunan rating oleh S & tersebut. "Ini bukan bencana," kata Menteri Keuangan Perancis Francois Baroin Perancis di salah satu stasiun televisi. Ia bilang, saat ini Prancis memiliki memiliki rating yang sama seperti AS.

Downgrade Perancis dan Austria diperkirakan akan mengancam potensi penyelamatan Eropa senilai 440 miliar euro (US$ 558 miliar). Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa berencana mendanai paket penyelamatan Yunani, Irlandia dan Portugal yang berasal dari penjualan obligasi negara Eropa yang memiliki rating AAA, termasuk Perancis sebagai jaminan utama dari wilayah Eropa.




TERBARU

[X]
×