kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stan Lee, pencipta komik Spider-Man dan karakter Marvel tutup usia


Selasa, 13 November 2018 / 06:34 WIB
Stan Lee, pencipta komik Spider-Man dan karakter Marvel tutup usia
ILUSTRASI.


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - LOS ANGELES. Stan Lee, legenda komik superhero, tutup usia pada 95 tahun, Senin. Kabar ini muncul dari putrinya, J.C. Lee dalam pernyataan.

Sebagai penulis dan editor, Lee adalah kunci kenaikan Marvel sebagai raksasa buku komik pada era 1960-an. Lee berkolaborasi dengan Jack Kirby dan Steve Ditko menciptakan pahlawan super yang memikat generasi pembaca muda

"Dia merasa berkewajiban pada penggemarnya untuk terus mencipta," kata JC Lee seperti dikutip Reuters. JC tidak menyebutkan kondisi terakhir Lee. Tapi situs berita selebriti TMZ mengungkapkan, ambulans dipanggil ke rumah LEe di Hollywood Hills pada Senin pagi. Stan Lee meninggal di Cedars-Sinai Medical Center.

Lee lahir dengan nama Stanley Martin Lieber di New York, 28 Desember 1922. Dia adalah putra imigran Yahudi dari Rumania. Pada usia 17 tahun, dia menjadi pesuruh di Timely Comics, perusahaan yang kemudian berevolusi menjadi Marvel.

Istri Lee, Joan Lee meninggal tahun lalu. Mereka menikah pada tahun 1947 dan memiliki dua anak, Joan Celia yang lahir tahun 1950 dan Jan Lee yang meninggal tiga hari setelah lahir tahun 1953.

"Stan Lee merupakan orang yang luar biasa seperti karakter-karakter yang diciptakannya," kata Bob Iger, Chairman dan CEO The Walt Disney Co dalam pernyataan.

Disney membeli Marvel Entertainment pada tahun 2009 dengan harga US$ 4 miliar. Lewat akuisisi ini, Disney memperluas daftar karakter Disney dengan superhero ikonik ciptaan Lee.

Lee terkenal dengan peran cameo dalam setiap film Marvel. "Tidak akan ada lagi Stan Lee yang lain," kata Chris Evans, yang berperan sebagai Captain America dalam film Marvel.

"Selama puluhan tahun, Lee menyajikan petualangan, pelarian, kenyamanan, kepercayaan diri, inspirasi, kekuatan, persahabatan, dan kebahagiaan bagi generasi muda dan tua," imbuh Evans.

Lee dikenal sebagai komikus yang menambahkan lapisan kompleksitas dan sisi kemanusiaan superhero. "Saya pikir akan sangat menyenangkan untuk mempelajari sisi pribadi mereka, kepribadian mereka dan menunjukkan bahwa mereka manusia sekaligus pahlawan super," kata Lee kepada NPR News tahun 2010.

Superhero ciptaan Lee termasuk Spider-Man, Hulk, The X-Men, Fantastic Four dan Iron Man. Puluhan film yang diadaptasi dari komik bikinan Lee mencapai penjualan kotor lebih dari US$ 20 miliar.

Tahun 2008, Lee menerima penghargaan National Medal of Arts, penghargaan tertinggi pemerintah Amerika untuk seniman kreatif.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×