kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Disney sepakat beli 21st Century Fox US$ 71 miliar


Senin, 30 Juli 2018 / 07:17 WIB
Disney sepakat beli 21st Century Fox US$ 71 miliar
ILUSTRASI. The 21st Century Fox


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Drama memperebutkan Twenty First Century Fox Inc oleh Walt Disney Co dan Comcast Corp bakal segera berakhir. Acara televisi Fox akan jatuh ke tangan Disney karena meminang dengan harga lebih tinggi dibandingkan Comcast.

Pemegang saham memberi dukungan kepada Disney  membeli waralaba film dan acara televisi Fox senilai US$ 71,3 miliar atau Rp 1,03 triliun. Artinya, kesepakatan tersebut lebih tinggi dari tawaran Comcast sebesar US$ 66 miliar. Hasilnya, diumumkan pada rapat pemegang saham khusus kedua perusahaan di New York pekan lalu.

Jika tidak ada aral melintang, kesepakatan ini akan selesai pada pertengahan tahun 2019. Disney mengaku telah menerima persetujuan dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) pada bulan lalu untuk akuisisi ini, Sebelumnya sempat tak mendapat restu.

Reuters (27/7) melaporkan, dalam perjanjian dengan Departemen Kehakiman AS, Disney yang memiliki jaringan olahraga ESPN setuju untuk melepas 22 jaringan olahraga regional milik Fox.

Tak mudah bagi raksasa media massa AS ini memiliki Fox. Disney masih membutuhkan persetujuan  dari sejumlah regulator berbagai negara termasuk China, Rusia, dan Uni Eropa.

Ke depan, Fox akan memisahkan jaringan dan stasiun Fox Broadcasting, Fox News Channel, Fox Business Network dan saluran olahraganya FS1, FS2, dan Big Ten Network menjadi perusahaan baru yang terdaftar, serta akan berputar ke para pemegang sahamnya.

Memperebutkan Fox

Fox menjadi rebutan antara Disney dan Comcast. Tarik menarik bisnis ini bagaikan pertempuran besar dalam dunia industri hiburan. Apalagi, kedua perusahaan media ini berani menghabiskan uang puluhan miliar dolar demi mendapatkan Fox.

Bahkan, sekelas Netflix Inc dan Amazon.com Inc tak mampu bersaing dengan Disney untuk memperebutkan Fox. Pekan lalu, Comcast berhenti mengejar keinginan memiliki Fox yang terkenal dengan film X-Men dan The
Simpsons.

Rupanya, Fox lebih terpikat tawaran Disney. Alhasil, Disney dipaksa mempermanis tawarannya pada bulan lalu, setelah Comcast membuat tawaran sebesar US$ 66 miliar untuk Fox.

Wajar saja, Fox menjadi idaman pasar pemodal besar. Sederet film di bawah payung Fox memiliki keuntungan besar. Misalnya, Film X-Men dan Deadpool meraup pendapatan US$ 5,7 miliar dari seluruh dunia.

Beberapa tahun terakhir, Fox mengedepankan film-film bernuasa superhero. Film superhero dari Marvel dan DC sering menduduki box office yang bersaing dengan film-film dari PG 13.

Sony Corporation misalnya telah berkolaborasi dengan Marvel Studios untuk film Spider-Man. Film jagoan laba-laba yang dibintangi oleh Tom Holland ini telah meraup pendapatan lebih dari US$ 4 miliar di seluruh dunia.




TERBARU

[X]
×