kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suka cita terpancar dari para jamaah umrah gelombang pertama


Senin, 05 Oktober 2020 / 09:17 WIB
Suka cita terpancar dari para jamaah umrah gelombang pertama
ILUSTRASI. Umrah. REUTERS/Yasser Bakhsh


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JEDDAH. Pemirsa di seluruh Arab Saudi dan dunia semalam menyaksikan penduduk Kerajaan melakukan umrah setelah jeda lebih dari enam bulan. Dulu tidak mungkin membayangkan bahwa kedua Masjid Suci itu akan menutup pintu bagi peziarah dan jamaah begitu lama. 

Dengan kembalinya salat di Masjid Nabawi pada 31 Mei, ketegangan meningkat dan banyak yang ingin tahu kapan Masjid Agung Mekah akan melanjutkan aktivitas juga. Setelah penantian yang melelahkan, kelompok peziarah pertama muncul di layar pemirsa yang mengelilingi Ka'bah tengah malam pada hari Minggu.

“Melihat Mataf di sekitar Ka'bah dipenuhi dengan peziarah lagi, bahkan dengan kapasitas minimum, adalah pemandangan yang patut dilihat,” kata Dania Ahmed, 30 tahun, seorang karyawan sektor swasta di Jeddah. 

“Anda dapat merasakan intensitas situasi dengan penutupan bulan dan meskipun kami secara bertahap akan dapat melakukan Umrah lagi, sungguh menghibur melihat orang-orang memenuhi tempat yang diberkahi lagi. Mereka yang beruntung dan kami akan segera menyusul. "

Setelah pencabutan larangan umrah yang diberlakukan berbulan-bulan lalu akibat wabah virus corona, 1.000 jamaah tiba di Masjidil Haram di Makkah. Tindakan pencegahan yang diterapkan bagi mereka yang memasuki Masjidil Haram termasuk pemeriksaan suhu, operasi sanitasi, smart band, penutup wajah dan jarak sosial saat melakukan ritual umrah.

Bagi penduduk Makkah, yang biasa mengunjungi Masjidil Haram untuk sholat, membaca Al-Qur'an, menghadiri kelas atau duduk di seberang Ka'bah dan menikmati situs agung, itu merupakan penyesuaian yang sulit. Selama berabad-abad, penduduk kota berjalan melewati gerbang masjid dengan mudah sampai virus corona menyerang.

Thoraya Abdulghaffar Abulshakour, seorang penduduk tua Makkah yang sering mengunjungi Masjidil Haram untuk melakukan sholat, berada dalam keadaan tidak percaya karena dapat kembali setelah tujuh bulan.

Baca Juga: Arab Saudi akan buka layanan umrah untuk warga asing, ini jadwalnya

“Saya sangat ingin mengunjungi masjid, dan air mata saya mengalir setiap kali saya melihatnya di TV,” katanya. “Pandemi menyebar dan menghalangi kami untuk melakukan banyak hal. Itu menutup masjid kami dan merampas keluarga kami, tetapi ini hanya untuk melindungi kesehatan kami dan memastikan keselamatan kami. Kepemimpinan kami yang bijaksana memiliki peran yang besar, dan kami bangga hidup di negara yang mengutamakan keselamatan warga dan penduduk di atas segalanya. "

Abdulghaffar terkesan dengan tindakan pencegahan yang diterapkan di dalam Masjidil Haram untuk memastikan keselamatan jamaah dan staf. Ia mengatakan bahwa langkah-langkah dan layanan tersebut telah diberikan selama puluhan tahun, baru sekarang diberikan dengan konsentrasi yang lebih besar karena ancaman COVID-19 kepada masyarakat, terutama bagi para lansia.

Abdulghaffar melakukan ritual dengan putranya setelah dia berhasil melamar menggunakan aplikasi Eatmarna. “Saya senang bisa menunaikan umrah setelah tidak melakukannya selama tujuh bulan. Saya tinggal di Makkah dan tidak pernah berharap bisa masuk ke Masjidil Haram selama berbulan-bulan, tapi malam ini kami melihat para peziarah kembali di tengah layanan istimewa yang diberikan oleh Presidensi Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, "katanya.

Abdulwahhab Mohammed Al-Amin, seorang warga Yaman yang tinggal di Makkah, mengatakan bahwa dia telah menantikan kunjungan tersebut, terutama setelah mengetahui bahwa larangan umrah virus corona telah dicabut. Hal ini mendorongnya untuk mengajukan izin dan menjadi salah satu kelompok jamaah umrah pertama yang memasuki Masjidil Haram

Al-Amin berkata: "Sejak memasuki Masjidil Haram, saya perhatikan bahwa semua layanan disediakan dengan baik untuk saya dan untuk jamaah umrah, dan tindakan pencegahan sedang diterapkan secara terorganisir."

Ia menggarisbawahi bahwa layanan yang paling menonjol adalah tingkat kebersihan yang tinggi, operasi sanitasi, dan penyediaan botol air Zamzam secara aman dan tertib. Dia memperhatikan sejumlah pejabat yang mengawasi pekerjaan untuk memastikannya mengalir dengan cara yang terorganisir dan kompeten, memberinya perasaan tenang dan nyaman.

Selanjutnya: Jemaah umrah gelombang pertama tiba di Masjidil Haram




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×