kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,81   2,76   0.34%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Sukses bertamasya ke luar angkasa, ini kata Jeff Bezos


Rabu, 21 Juli 2021 / 17:50 WIB
Sukses bertamasya ke luar angkasa, ini kata Jeff Bezos
Pengusaha miliarder Jeff Bezos dalam penerbangan di atas roket New Shepard Blue Origin, Selasa (20/7/2021). 

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - VAN HORN. Orang terkaya dunia, Jeff Bezos, sukes melakukan perjalanan ke luar angkasa pada hari Selasa (20/7/2021) kemarin. Bezos bersama tiga awak lainnya membubung di ketinggian sekitar 66,5 mil (107 km) di atas gurun Texas, Amerika Serikat (AS).

Mereka menumpang kendaraan peluncuran New Shepard milik perusahaan Blue Origin dan kembali dengan selamat ke Bumi. Penerbangan suborbitas ini mampu mengantar era baru pariwisata luar angkasa.

"Ini hari terbaik yang pernah ada," ujar Bezos setelah kapsulnya turun dengan tiga parasut besar dan mendarat dengan selamat seperti dilansir Reuters.

Miliarder AS berusia 57 tahun ini mengenakan setelah penerbangan biru dan topi koboi, melakukan perjalanan ke tepi luar angkasa yang berlangsung selama 10 menit dan 10 detik. Setelah mendarat, Bezos dan rekan-rekannya saling berpelukan dan meminum sampanye sementara sekitar dua lusin anggota keluarga dan karyawan perusahaan bersorak.

Baca Juga: Jeff Bezos bakal rilis penerbangan luar angkasa tanpa pilot pertama di dunia

"Astronot Bezos di kursi saya - bahagia, bahagia, bahagia," kata Bezos kepada kontrol misi selama pemeriksaan keamanan setelah penumpang membungkuk kembali setelah beberapa menit tanpa bobot di luar angkasa.

Pesawat ruang angkasa putih berkilau setinggi 60 kaki (18,3 meter) yang sepenuhnya otonom, dengan desain bulu di sisinya, menyalakan mesin BE-3 untuk lepas landas vertikal dari fasilitas Launch Site One Blue Origin sekitar 20 mil (32 km) di luar kota pedesaan Van Horn di bawah langit yang cerah.

Jeff Bezos turn usai mendarat dengan roket New Shepard

Bezos, pendiri perusahaan e-niaga Amazon.com Inc, dan saudaranya Mark Bezos, seorang eksekutif ekuitas swasta, bergabung dengan dua orang lainnya. Penerbang wanita perintis Wally Funk, 82 tahun, dan lulusan sekolah menengah baru-baru ini Oliver Daemen, 18 tahun, menjadi orang tertua dan termuda yang mencapai luar angkasa.

"Saya ingin berterima kasih kepada setiap karyawan Amazon dan setiap pelanggan Amazon, karena kalian membayar semua ini," kata Bezos kepada wartawan sesudahnya.

Baca Juga: Blue Origin milik Jeff Bezos bersiap toreh sejarah baru pekan depan, apa itu?




TERBARU

[X]
×