kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sukses IPO, LG Energy Solution Jadi Perusahaan Terbesar Kedua di Korea Selatan


Kamis, 27 Januari 2022 / 13:59 WIB
Sukses IPO, LG Energy Solution Jadi Perusahaan Terbesar Kedua di Korea Selatan
ILUSTRASI. IPO LG Energy Solution sukses besar dan membuatnya menjadi perusahaan dengan nilai valuasi terbesar kedua di Korea Selatan


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gelaran penawaran umum saham perdana atawa initial public offering (IPO) yang dilakukan LG Energy Solution (LGES) sukses besar. Dalam IPO ini, LG Energy Solution berhasil mendapatkan dana segar hingga US$ 10,7 miliar.

Kamis (27/1), pada perdagangan awal, saham LG Energy Solution langsung melesat tajam. Saham LGES sempat diperdagangkan di level 597.000 won, naik 99% dibandingkan dengan harga IPO yang ada di level 300.000 won.

Mengutip Bloomberg, kini saham LG Energy Solution diperdagangkan pada harga 499.000 won. Alhasil, kapitalisasi pasar LG Energy Solution mencapai 116,8 triliun won atau setara dengan US$ 97,2 miliar.

Nilai tersebut mengantarkan LG Energy Solution sebagai perusahaan terbesar kedua di Korea Selatan setelah Samsung Electronics Co.

Baca Juga: Deretan Rekor Baru IPO di Asia

LG Energy Solution yang berbasis di Seoul ini telah berusaha meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan global. Seiring dengan berkembangnya permintaan baterai mobil listrik secara global.

LG Energy juga telah meningkatkan kualitas sel baterai-nya setelah penarikan kembali Bolt EVs General Motors Co senilai US$ 1,9 miliar. Strategi itu juga ditujukan untuk menutup kesenjangan dengan pemimpin pasar baterai global yang dipegang China's Contemporary Amperex Technology Co.

Di sisi lain, IPO LG Energy Solution ini juga tercatat sebagai penawaran IPO terbesar kedua di dunia dalam setahun terakhir. IPO LG Energy Solution hanya kalah dari Rivian Automotive Inc.
Bahkan untuk pasar saham Korea Selatan, IPO Energy Solution ini jadi yang terbesar. Karena nilainya hampir 2,5 kali lipat dari rekor IPO yang sebelumnya disandang oleh Samsung Life Insurance Co.

Setelah IPO, induk usaha LG Energy Solution, LG Chem Ltd, menggenggam 81,8% saham. Saham terbatas mengambang dikombinasikan dengan sejumlah besar investor yang tidak dapat membeli sebelum pencatatan dapat menyebabkan perubahan besar pada saham LG Energy Solution dalam jangka pendek.

Baca Juga: Gelar IPO, LG Energy Solution Raup Dana Segar US$ 10,8 Miliar

“Akan ada banyak permintaan terhadap saham ini. Ada terlalu sedikit saham di pasar sehingga volatilitas jangka pendek akan sangat besar,"  kata Kang Dong-Jin, seorang analis di Hyundai Motors Securities Co.,

Kinerja hari pertama LG Energy Solution melanjutkan tren baru-baru ini dari debut kuat untuk penawaran besar Korea. IPO besar dengan kinerja terbaik di dunia tahun lalu dicetak oleh SK Bioscience Co. Perusahaan itu memulai debutnya di pasar saham pada bulan Maret 2021 dan harga sahamnya sudah naik 160% sejak listing.




TERBARU

[X]
×