Ant Group sepakat dengan regulator China untuk perombakan bisnis?

Kamis, 04 Februari 2021 | 06:12 WIB Sumber: Reuters
Ant Group sepakat dengan regulator China untuk perombakan bisnis?

ILUSTRASI. Ant Group Co telah menyetujui rencana restrukturisasi dengan regulator China REUTERS/Shu Zhang/File Photo


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Ant Group Co telah menyetujui rencana restrukturisasi dengan regulator China di mana raksasa fintech itu akan menjadi perusahaan induk keuangan. Hal itu diungkapkan oleh seorang sumber Reuters yang memiliki pengetahuan langsung tentang masalah tersebut. Dengan adanya kesepakatan ini, hal tersebut berpotensi mengurangi kesengsaraan sang pendiri, Jack Ma.

Reuters memberitakan, sumber yang enggan disebut namanya itu menjelaskan, rencana perombakan tersebut menyerukan untuk menempatkan semua bisnis Ant ke dalam perusahaan induk, termasuk proses pembayaran dan penawaran teknologinya di berbagai bidang seperti blockchain dan pengiriman makanan.

Bloomberg News pertama kali melaporkan Ant telah mencapai kesepakatan dengan regulator China tentang restrukturisasi yang diusulkan.

Menurut laporan Bloomberg, pengumuman tentang restrukturisasi, yang akan mengakibatkan perusahaan tunduk pada persyaratan modal yang serupa dengan bank, bisa dilakukan sebelum dimulainya liburan Tahun Baru Imlek China pada 11 Februari.

Baca Juga: Alibaba bakal terbitkan obligasi berdenominasi dolar AS senilai US$ 5 miliar

Kesepakatan tentang restrukturisasi Ant, afiliasi raksasa e-commerce Alibaba Group, akan meredakan kekhawatiran investor tentang tindakan keras regulasi terhadap kerajaan bisnis miliarder Ma.

Katalis untuk kesengsaraan Ma saat ini adalah pidatonya pada 24 Oktober di mana dia mengecam sistem peraturan China, yang berdampak pada penangguhan penawaran umum perdana Ant senilai US$ 37 miliar hanya beberapa hari sebelum pencatatan ganda di Hong Kong dan Shanghai.

Baca Juga: Berkah pandemi, pendapatan Alibaba tumbuh 37% jadi 221,1 miliar yuan di kuartal III

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru