kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sun Life akuisisi Ryan Labs Asset Management


Jumat, 30 Januari 2015 / 09:57 WIB
Sun Life akuisisi Ryan Labs Asset Management
ILUSTRASI. Ahmad Zazali


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TORONTO. Perusahaan asuransi terbesar ketiga di Kanada, Sun Life Financial Inc, melancarkan aksi anorganik di awal tahun 2015. Sun Life resmi mengakuisisi Ryan Labs Asset Management. Ini adalah aset manajemen dengan dana kelolaan mencapai US$ 5,1 miliar yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

"Akuisisi ini diharapkan membantu Sun Life menggarap pasar dana pensiun dan dana institusi di AS," ujar CEO Sun Life, Steve Peacher, Rabu (28/1). Manajemen tidak merilis nilai akusisi dengan alasan tidak signifikan memengaruhi rapor kinerja.   

Yang jelas, Sun Life menginginkan imbal hasil lebih tinggi dari lini bisnis pengelolaan dana. Ryan Labs bakal melengkapi lini bisnis aset manajemen Sun Life yang baru berdiri pada awal tahun 2014.

Pengalaman minim di bisnis aset manajemen memicu Sun Life ingin mengakuisisi perusahaan sejenis. Sebagai gambaran, Ryan Labs memiliki spesialisasi dalam meramu strategi investasi di instrumen pendapatan tetap (fixed-income).

Keahlian Ryan Labs bakal menolong Sun Life dalam mengelola dana pensiun. Aksi anorganik Sun Life juga tak lepas dari niatan mengejar sepak terjang rival abadi, Manulife Financial Corp.

Tahun lalu, Manulife resmi membeli perusahaan aset manajemen asal Inggris, Standard Life. Transaksi itu membuat Manulife merogoh kocek sekitar US$ 4 miliar. Tujuan Manulife adalah mengerek imbal hasil dari premi.

Peacher mengatakan, membeli aset manajemen adalah langkah tepat dalam membantu perusahaan menghasilan margin lebih tinggi dengan memutar dana. "Aset manajemen adalah keahlian yang Sun Life tidak miliki," ujar Peacher.

Menurut Peacher, pasar dana pensiun di AS sangat menjanjikan. Prediksi dia, pasar dana pensiun AS berpotensi tumbuh hingga tiga kali lipat dalam tempo dekat. Sean McShea, Presiden Ryan Labs bakal tetap menduduki kursi CEO pasca akuisisi.

McShea menilai, memiliki Sun Life sebagai induk usaha akan membantu perusahaan untuk mendongkrak kinerja. Nama besar Sun Life bakal membantu ekspansi Ryan Labs, khususnya dalam mengejar target perusahaan kakap dana pensiunan AS. Sun Life memiliki aset mencapai US$ 698 miliar per September 2014.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×