kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak berniat berunding dengan AS, Korut kepada Korsel: Setop campuri urusan orang lain


Selasa, 07 Juli 2020 / 05:29 WIB
Tak berniat berunding dengan AS, Korut kepada Korsel: Setop campuri urusan orang lain
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong un. KCNA via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara mengatakan pada hari Selasa (7/7/2020) bahwa pihaknya tidak memiliki niat untuk duduk dengan Amerika Serikat dan mendesak Korea Selatan untuk "berhenti mencampuri urusan lain." Hal itu diungkapkan oleh seorang diplomat senior Korut.

Kwon Jong Gun, direktur jenderal untuk urusan AS di kementerian luar negeri Pyongyang, mengeluarkan pernyataan di media pemerintah KCNA yang mengkritik Korea Selatan karena berbicara sesuai keinginan mereka sendiri tentang rumor tentang pertemuan puncak lain antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump.

Sebelumnya, Korea Utara menyatakan, tidak merasa perlu melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS), yang tak lebih dari "alat politik" Washington. Pernyataan ini keluar menjelang kunjungan utusan AS ke Korea Selatan.

Baca Juga: Ada desakan bertemu, Korea Utara: Kami tidak merasa perlu bertatap muka dengan AS

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui mengatakan, negosiasi tidak akan berhasil antara Washington dan Pyongyang, juga tak akan ada perubahan dalam kebijakan Korea Utara.

"Kami tidak merasa perlu untuk bertatap muka dengan AS, karena menganggap dialog DPRK-AS sebagai tidak lebih dari alat untuk menghadapi krisis politiknya," kata Choe, Sabtu (4/7), yang dikutip KCNA dan Reuters lansir.

DPRK adalah singkatan dari Republik Rakyat Demokratik Korea, nama resmi Korea Utara.

Baca Juga: Kim Jong Un klaim berhasil hentikan penyebaran virus corona di negaranya

Rencananya, Wakil Menteri Luar Negari AS Stephen Biegun akan mengunjungi Korea Selatan minggu depan untuk membahas perundingan yang macet dengan Korea Utara.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan pada Rabu (1/7), Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un harus bertemu lagi sebelum pemilihan presiden negeri uak Sam pada November, yang akan membantu melanjutkan kembali perundingan nuklir yang macet.




TERBARU

[X]
×