kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tak punya dana pensiun? Warren Buffett punya tips jitu untuk simpanan hari tua


Kamis, 21 November 2019 / 11:00 WIB
Tak punya dana pensiun? Warren Buffett punya tips jitu untuk simpanan hari tua
ILUSTRASI. Warren Buffett. (Photo by Daniel Zuchnik/WireImage)

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Membangun sarang telur untuk pensiun yang dapat memberikan penghasilan pasif di usia lanjut bukanlah proses yang mudah. Lagi pula, ada sejumlah besar opsi dalam hal jenis aset yang tersedia untuk dibeli, sehingga sulit menentukan di mana Anda harus menginvestasikan uang tunai Anda.

Baca Juga: Apakah Warren Buffett berinvestasi di emas? Ini jawabannya...

Salah satu solusi potensial adalah mengikuti saran dari investor yang sukses seperti Warren Buffett. Jelas, ini tidak berarti bahwa Anda akan menjadi miliarder. Akan tetapi, pandangannya tentang bidang-bidang seperti siklus pasar, leverage, dan mengidentifikasi bisnis terbaik di industri tertentu dapat membantu Anda membangun portofolio 1 juta poundsterling untuk masa pensiun.

Baca Juga: Lo Kheng Hong Jual Ruko Seharga Rp 5 Miliar untuk Beli Saham

Siklus pasar

Karena cakrawala waktu investasi Buffett bersifat jangka panjang, ia mampu menunggu saham untuk diperdagangkan pada penilaian yang menarik. Ini bisa memakan waktu bertahun-tahun dalam beberapa kasus. Namun, FTSE 100 dan FTSE 250 selalu mengalami bearish setelah periode pertumbuhan mereka. Dengan demikian, tidak pernah ada pasar bullish yang abadi dalam sejarah.

Baca Juga: Duh, Bill Gates dianggap ketinggalan zaman oleh anak-anaknya



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×