kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Taliban telah kuasai lembah Panjshir, provinsi terakhir yang lakukan perlawanan


Senin, 06 September 2021 / 23:03 WIB
Taliban telah kuasai lembah Panjshir, provinsi terakhir yang lakukan perlawanan
ILUSTRASI. Sejumlah pria bersiap bertempur melawan Taliban di Panjshir, Afghanistan, Minggu (22/8/2021). Aamaj News Agency via REUTERS

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  KABUL. Pejuang Taliban mengatakan bahwa mereka telah memegang kendali di Provinsi Panjshir di bagian utara kota Kabul. Ini merupakan penampungan terakhir pasukan anti-Taliban di negara itu dan satu-satunya provinsi Taliban tidak disita selama itu di Afghanistan bulan lalu.

Ribuan pejuang Taliban menyerbu delapan distrik Panjshir, menurut saksi-saksi dari daerah yang berbicara dengan syarat anonim. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengeluarkan pernyataan Senin, mengatakan Panjshir sekarang berada di bawah kendali pejuang Taliban.

Melansir, NPR, Senin (6/9), pasukan anti-Taliban dipimpin mantan wakil presiden tersebut, Amrullah Saleh, dan putra pejuang anti-Taliban yang ikonik Ahmad Shah Massoud.

Sementara itu di provinsi Balkh utara, setidaknya empat pesawat disewa untuk mengevakuasi beberapa ratus orang yang berusaha melarikan diri dari wilayah tersebut setelah diambilalih Taliban.Namun mereka tidak dapat meninggalkan Afganistan selama berhari-hari.

Baca Juga: Taliban mengincar hubungan kerja sama dengan Rusia hingga Pakistan

Seorang pejabat Afghanistan di bandara di kota Mazar-e-Sharif, ibukota provinsi, mengatakan bahwa calon penumpang adalah orang Afghanistan, banyak di antaranya tidak memiliki paspor atau visa, dan karenanya tidak dapat meninggalkan negara itu. 

Berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan wartawan, dia bilang mereka telah meninggalkan bandara sementara situasinya sedang diselesaikan.

Namun, Partai Republik atas Komite Urusan Luar Negeri AS, mengatakan bahwa kelompok itu termasuk orang Amerika dan mereka sedang duduk di pesawat, tetapi Taliban tidak membiarkan mereka lepas landas. 

Michael McCaul seorang republikan dari Texas mengatakan kepada "Fox News Sunday" bahwa warga negara Amerika dan penerjemah Afghanistan disimpan di enam pesawat.Namun McCaul tidak mengatakan dari mana informasi itu berasal.

Para ahli telah meragukan perlawanan terhadap Taliban di Panjshir, provinsi penahan terakhir, dapat berhasil jangka panjang meskipun ada keuntungan geografis daerah. Terletak di Pegunungan Hindu Kush yang menjulang tinggi, Lembah Panjshir memiliki pintu masuk yang sempit. 

Selanjutnya: Pejuang Taliban memburu orang Amerika di Afganistan

 

 




TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×