kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45774,37   -28,65   -3.57%
  • EMAS1.028.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Tambah SinoVac, ada tiga vaksin corona jalani uji coba tahap akhir


Senin, 06 Juli 2020 / 22:19 WIB
Tambah SinoVac, ada tiga vaksin corona jalani uji coba tahap akhir
ILUSTRASI. Botol-botol kecil berlabel stiker Vaksin COVID-19 dan jarum suntik medis terlihat dalam ilustrasi yang diambil pada 10 April 2020.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. SinoVac memulai uji coba fase III vaksin virus corona baru potensial. Perusahaan asal China ini pun menjadi satu dari tiga perusahaan yang bergerak ke tahap akhir dalam perlombaan pengembangan vaksin Covid-19.

Mengutip Reuters, SinoVac akan mulai merekrut sukarelawan bulan ini, kata mereka dalam rilis Senin (6/7) di platform aplikasi perpesanan WeChat. Pekan lalu, Brasil memberikan lampu hijau bagi SinoVac untuk mulai menguji sukarelawan di negaranya.

Dokumen terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang keluar pada Senin (6/7) menguraikan status uji coba vaksin virus corona yang sedang berlangsung di seluruh dunia dan mengatakan, SinoVac sekarang berada di fase III.

Baca Juga: Waspada! Ratusan ilmuan: Virus corona yang ada di udara bisa menginfeksi orang

Vaksin virus corona eksperimental buatan AstraZeneca, yang para peneliti di Universitas Oxford kembangkan, dan bikinan Sinopharm adalah kandidat lain yang sedang melakukan uji coba fase III atau tahap akhir.

SinoVac sedang membangun pabrik vaksin, yang targetnya siap tahun ini dan mampu membuat hingga 100 juta dosis vaksin virus corona per tahun.

Uji coba fase I dan II biasanya melakukan tes keamanan suatu vaksin sebelum memasuki tahap III yang menguji kemanjurannya.

Ada 19 uji coba vaksin dalam evaluasi klinis dan ratusan lain sedang dikembangkan dan diuji di seluruh dunia untuk menghentikan pandemi Covid-19, yang telah menewaskan ratusan ribu orang dan menghancurkan perekonomian global.

Baca Juga: India menyetujui uji coba kandidat vaksin Covid-19 yang kedua pada manusia

Belum ada vaksin Covid-19 yang mendapat persetujuan untuk penggunaan komersial. Sebuah analisis Institut Teknologi Massachusetts tahun lalu menyebutkan, sekitar satu dari tiga vaksin pada tahap pertama pengujian langsung mendapatkan persetujuan.



TERBARU

[X]
×