kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tangkal kekuatan China, Taiwan siapkan anggaran pertahanan selama 10 tahun


Selasa, 16 April 2019 / 11:05 WIB
Tangkal kekuatan China, Taiwan siapkan anggaran pertahanan selama 10 tahun

Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Anggaran militer Taiwan diperkirakan akan membengkak menjadi US $ 13,1 miliar pada tahun 2027 sejalan dengan upaya negara tersebut untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya dalam menghadapi peningkatan ekspansi militer oleh China.

Dilansir dari South China Morning Post, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengalokasikan US $ 11,34 miliar untuk anggaran pertahanan pada tahun ini. Jumlah ini naik 5,6% dari tahun 2018.


Sebagai perbandingan, anggaran pertahanan China tahun ini adalah sebesar US $ 177,5 miliar alias lebih tinggi 7,5% dari anggaran militer pada tahun lalu.

Sekutu tidak resmi Taiwan yakni Amerika Serikat telah berulang kali meminta negara tersebut untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya melalui peningkatan anggaran karena di saat yang sama intimidasi militer dari China terus meningkat.

Juru bicara militer Taiwan Chen Chung-chi mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan telah menyusun anggaran tambahan selama sepuluh tahun tambahan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan sekaligus dan menegakkan keamanan Taiwan.

Beijing melihat Taiwan sebagai provinsi yang harus kembali ke pangkuan China, dan bila perlu lewat jalan paksaan. 

Sejumlah sekutu Taiwan pun telah dibujuk oleh Beijing untuk mengalihkan kesetiaan diplomatik sejak 2016. Termasuk perusahaan global yang melakukan bisnis dengan Taiwan telah berada di bawah tekanan China.




TERBARU

Close [X]
×