kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,56   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanker minyak Iran menuju Venezuela, AS bersumpah akan menghentikan Teheran


Senin, 18 Mei 2020 / 08:45 WIB
Tanker minyak Iran menuju Venezuela, AS bersumpah akan menghentikan Teheran
ILUSTRASI. Kapal tanker Iran. REUTERS/Jon Nazca TPX IMAGES OF THE DAY


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TEHERAN. Fars News Iran melacak adanya lima kapal tanker minyak Iran yang menuju Venezuela. Melansir Jerusalem Post, AS mengatakan akan mempertimbangkan langkah-langkah untuk menghentikan Iran mengirimkan minyak ke rezim Nicolas Maduro di Caracas. Iran dan Venezuela adalah sekutu; Turki dan Rusia juga mendukung Maduro.

Iran bangga bahwa armada tankernya sedang melintasi laut lepas. Fortune, Petonia, dan Forest telah melintasi Selat Gibraltar selama 24 jam terakhir; Fortune diperkirakan akan tiba sekitar satu minggu lagi di Caracas.

Baca Juga: Pemimpin Tertinggi Iran: Seluruh warga Amerika akan diusir dari Irak dan Suriah

Para pejabat Iran belum mengkonfirmasi bahwa tanker tersebut akan menuju ke Venezuela atau membawa bahan bakar. Media Iran, bagaimanapun, bergantung pada sumber-sumber Barat, mengakui bahwa tanker itu menuju Venezuela.

Disebutkan, Teheran akan dibayar dengan emas oleh Caracas sebagai balasan untuk memasok bahan bakar yang sangat dibutuhkan. Saat ini, perekonomian Venezuela memang tengah hancur lebur.

Baca Juga: AS ancam kembalikan semua sanksi bila PBB tidak perpanjang embargo senjata ke Iran

Maduro baru-baru ini mengejutkan sekelompok tentara bayaran dan pembangkang Venezuela, dengan menangkap dua warga Amerika dalam serangan yang tidak direncanakan yang telah mempermalukan Washington.

Iran telah mengambil kesempatan untuk meningkatkan kontroversi dengan mengirimlan kapal tankernya melalui jalur yang bisa dideteksi oleh angkatan laut AS. Amerika telah mempersiapkan penghancur rudal yang bisa menghentikan Iran.

Baca Juga: Iran: Akan ada dampak jika AS bertindak seperti perompak terhadap kapal minyak Iran

Akan tetapi, hal itu akan menyebabkan krisis besar, dan IRGC telah mengancam pembalasan. Iran menggulirkan dadu dengan mengerahkan semua tankernya menuju Amerika Selatan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×