kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa alasan, Tesla menghentikan produksi pabrik di Shanghai


Jumat, 08 Mei 2020 / 04:20 WIB
Tanpa alasan, Tesla menghentikan produksi pabrik di Shanghai


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Tesla Inc menghentikan sementara produksi pabrik di Shanghai. Sumber Bloomberg mengatakan, semua produksi kendaraan Tesla bahkan telah dihentikan secara global.

Pembuat mobil listrik ini memberi tahu pekerja pabrik yang seharusnya kembali bekerja pada Rabu (6/5) setelah hari libur selama lima hari memperingati Hari Buruh di China. Liburan karyawan Tesla diperpanjang dan secepatnya kembali bekerja pada 9 Mei. 

Baca Juga: Tesla akan memperpanjang cuti untuk beberapa karyawan seminggu lagi

Alasan penghentian mendadak itu tidak segera jelas. Situs berita teknologi China, 36kr melaporkan, Tesla kekurangan komponen. Sebab satu-satunya pabrik mobil Tesla di luar Amerika Serikat (AS) ini mengalami penundaan penerimaan suku cadang untuk Model 3. Selain itu, Tesla juga menghadapi masalah peralatan manufaktur penting dan sedang diperbaiki. 

Penghentian produksi ini berarti, Tesla tidak memproduksi mobil apa pun di seluruh dunia. Pabrik perakitan kendaraan lainnya di Fremont, California juga telah menganggur sejak 23 Maret. Ini karena penutupan untuk membatasi penyebaran virus corona. Penutupan itu telah membuat pabrik Shanghai tutup beberapa minggu. Padahal kegiatan ekonomi di China sudah mulai dibuka. 

Baca Juga: Subsidi dipotong, Tesla menaikkan harga mobil listrik Model 3 produksi China

Pabrik Shanghai sempat idle sementara pada awal tahun ini karena wabah virus corona. Tetapi Tesla juga menjadi pembuat mobil pertama yang melanjutkan produksi dengan bantuan dari otoritas lokal. Sehingga penjualan Tesla di China pada bulan Maret masih meningkat, padahal produsen mobil lainnya tengah berjuang.

Tesla mengatakan dalam sebuah pernyataan, pabriknya di Shanghai sedang melakukan pemeliharaan normal dan perusahaan ini memanfaatkan liburan Hari Buruh untuk melakukan penyesuaian jalur produksi. Liburan itu dari 1 Mei hingga 5 Mei.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×