kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tencent, Alibaba dan Xiaomi kantongi lisensi perbankan virtual di Hong Kong


Kamis, 09 Mei 2019 / 18:41 WIB
Tencent, Alibaba dan Xiaomi kantongi lisensi perbankan virtual di Hong Kong


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - HONGKONG. Regulator perbankan Hong Kong menerbitkan empat lisensi perbankan virtual atau online untuk Alibaba, PingAn, Xiaomi serta ke joint venture yang melibatkan Tencent, ICBC dan Hillhouse Capital.

Mengutip Reuters, dengan keluarnya empat lisensi ini, kini otoritas moneter Hong Kong telah menerbitkan delapan lisensi perbankan virtual.

Pengenalan perbankan online berpotensi menjadi perubahan terbesar di sektor perbankan ritel di Kong Kong dalam beberapa tahun terakhir yang didominasi oleh kreditur lama seperti HSBC, Standard Chartered dan banyak perbankan China.

Otoritas moneter Hong Kong mengatakan bank-bank yang baruu berlisensi ini berencana untuk meluncurkan layanannya dalam enam bulan hingga sembilan bulan ke depan.

Regulator mengatakan akan memonitor operasi bank virtual, termasuk reaksi pelanggan dan dampak layanan ini terhadap perbankan secara umum.

"Delapan bank penantang yang ambisius dan bermodal besar yang ada di pasar di waktu yang sama berpotensi menimbulkan kerusakan yang cukup besar terhadap pemain lama, juga satu sama lain,"  ujar James Lloid, pemimpin fintech EY untuk Asia Pasifik seperti dikutip Reuters.

"Harapkan kembang api," imbuhnya.

Empat perusahaan terbasu yang mengantongi lisensi ini adalah Ant SME Services (Hong Kong) Limited, Infinium Limited, Insight Fintech HK Limited dan Ping An OneConnect Company Limited.

Infinium Limited adalah perusahaan patungan antara Tencent, Industrial and Commercial Bank of China (Asia), unit perbankan China ICBC, operator bursa efek Hong Kong, perusahaan ekuitas swasta Hillhouse Capital dan Adrian Cheng, Executive Vice Chairman New World Development sekaigus direktur Chow Tai Fook.

"Membuka layanan perbankan penting bagi konsumen ritel dan UKM akan mengubah operasi bisnis di Hong Kong secara mendasar,"ujar Jie Liu, mitra di Hillhouse Capital dalam sebuah pernyataan.

Insight Fintech adalah perusahaan patungan antara Xiaomi yang menggenggam 90% saham dan bank investasi independen AMTD Group.

"Bank virtual kami akan memungkinkan setiap pengguna untuk menikmati kesenangan menggunakan fintech," ungkap Hong Feng, salah satu pendiri dan Senior Vice President xiaomi dalam pernyataan.

Ant SME Service adalah unit afiliasi Alibaba Ant Financial, sedangkan PingAn One Connect adalah unit raksasa asuransi China PingAn.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×