kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tenggat waktu hari ini, staf konsulat AS di Chengdu bersiap kosongkan gedung


Senin, 27 Juli 2020 / 07:57 WIB
Tenggat waktu hari ini, staf konsulat AS di Chengdu bersiap kosongkan gedung
ILUSTRASI. Ilustrasi hubungan diplomatik antara Amerika dengan China terus memburuk. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - CHENGDU. Staf konsulat AS di Chengdu melakukan upaya terakhir untuk membersihkan tempat itu pada hari Minggu menjelang penutupan Senin (27/7/2020). Seperti yang diketahui, hari ini merupakan batas waktu penutupan konsulat AS di Chengdu seiring memburuknya hubungan diplomatik kedua negara.

Penutupan konsulat di Houston dan Chengdu telah meningkatkan kemunduran tajam dalam hubungan antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Hubungan AS-China sebelumnya sudah memburuk di tengah perselisihan tentang perdagangan dan teknologi, pandemi Covid-19, klaim teritorial Tiongkok di Laut China Selatan dan tindakan keras terhadap Hong Kong.

Baca Juga: China marah besar gara-gara AS memaksa masuk konsulat Tiongkok di Houston

Melansir Reuters, suasana tampak ramai di luar fasilitas konsulat AS di Chengdu pada hari Minggu. Banyak warga yang berkumpul di luar gedung, bercampur bersama dengan puluhan polisi berseragam dan berpakaian preman.

Polisi meminta warga untuk membubarkan diri di luar konsulat, ketika banyak dari mereka yang mengambil foto dan merekam video atas pengosongan gedung. Jalanan ditutup untuk lalu lintas, kecuali untuk kendaraan konsuler atau polisi yang diizinkan masuk oleh polisi.

Baca Juga: China perintahkan penutupan, staf Konsulat AS di Chengdu mulai kosongkan kantor

Reuters memberitakan sebelumnya, China pada hari Jumat memerintahkan penutupan konsulat Chengdu di wilayah barat daya Sichuan. Menurut editor tabloid yang dikelola pemerintah China, tenggat waktu evakuasi pukul 10 pagi pada hari Senin.

Sementara, di Houston pada hari Jumat, sekelompok pria didampingi oleh seorang Pejabat Departemen Luar Negeri AS terlihat memaksa untuk membuka pintu konsulat China, tak lama setelah perintah penutupan konsulat dikeluarkan oleh AS. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyebut lokasi itu sebagai pusat mata-mata dan pencurian kekayaan intelektual.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×