kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terapkan lockdown, beberapa negara bagian di Australia berhasil menekan sebaran Covid


Minggu, 04 Juli 2021 / 13:12 WIB
Terapkan lockdown, beberapa negara bagian di Australia berhasil menekan sebaran Covid
ILUSTRASI. Seorang perempuan berjalan di Martin Place yang tidak biasanya sunyi di pusat kota saat penguncian untuk membatasi penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Sydney, Australia, Rabu (30/6/2021).


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MELBOURNE. Negara bagian Australia, New South Wales, melaporkan penurunan kasus virus covid-19 harian baru pada Minggu (4/7) setelah dua hari rekor kasus di 2021. Penurunan ini terjadi setelah para pejabat meminta penduduk Sydney untuk mengikuti aturan agar dapat segera mengakhiri lockdown di minggu depan.

Dilansir dari Reuters, negara bagian terpadat di Australia ini mencatat ada 16 kasus covid-19 baru pada hari Sabtu, 13 di antaranya sudah diisolasi. Angka ini menunjukkan penurunan, dari 35 kasus baru pada hari Jumat (2/7) yang merupakan penambahan kasus harian tertinggi sepanjang tahun ini di New South Wales dan 31 kasus pada hari Kamis (1/7).

"Sementara angka semalam sangat menggembirakan, kami tahu ini memiliki potensi untuk bangkit. Beberapa hari ke depan benar-benar kritis," kata Perdana Menteri Negara Bagian NSW, Gladys Berejiklian.

Australia telah mengelola pandemi lebih baik daripada banyak negara lain karena penerapan lockdown yang ketat, pelacakan kontak yang cepat, dan aturan pembatasan sosial yang ketat. Tetapi wabah varian Delta yang sangat menular selama beberapa minggu terakhir telah mengkhawatirkan pihak berwenang di tengah upaya vaksinasi nasional yang lamban. Inilah yang memicu tiga ibu kota negara bagian menerapkan lockdown minggu lalu.

Baca Juga: Masih tinggi, Korea Selatan tambah 743 kasus Covid-19 baru

Sydney yang merupakan tempat tinggal bagi seperlima dari 25 juta penduduk Australia, sangat terpukul oleh wabah varian Delta terbaru. Masyarakatnya kini sudah setengah jalan melalui lockdown selama dua minggu. "Jika orang melakukan hal yang benar, kami memiliki peluang lebih besar untuk keluar dari ini pada waktu yang tepat," katanya Gladys.

Tiga dari kasus New South Wales terdeteksi di panti jompo SummitCare di Baulkham Hills Sydney. Tapi para penghuninya telah divaksinasi sepenuhnya dan hanya menunjukkan gejala ringan. Di tempat lain di Australia, yakni Queensland dan Brisbane mencatat satu kasus baru yang didapat secara lokal.

Perth, ibu kota negara bagian Australia Barat, mengakhiri lockdown pada Jumat malam tapi tetap memberlakukan pembatasan hingga Selasa. Sementara itu Melbourne telah mencatat nol kasus selama hampir seminggu setelah menerapkan lockdown selama tiga minggu pada bulan Juni 2021.

Baca Juga: Rekor lagi, infeksi harian Covid-19 di Afrika Selatan bertambah 26.000 kasus




TERBARU

[X]
×