kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terkait Ancaman Invasi China ke Taiwan, Ini Kata Pejabat Senior AS


Kamis, 23 Maret 2023 / 21:35 WIB
Terkait Ancaman Invasi China ke Taiwan, Ini Kata Pejabat Senior AS
Sebuah model pesawat tempur China terlihat di depan bendera China dan Taiwan dalam ilustrasi yang diambil pada Kamis (28/4/2022). Terkait Ancaman Invasi China ke Taiwan, Ini Kata Pejabat Senior AS.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SINGAPURA. Seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka tidak melihat ancaman China yang akan menyerang Taiwan. Namun, AS siap untuk mempertahankan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. 

Ketegangan antara kedua negara semakin meningkat, terutama karena klaim teritorial China atas Taiwan dan Laut China Selatan. AS menopang aliansi di seluruh kawasan Asia-Pasifik untuk melawan pengaruh Beijing.

Sekretaris Angkatan Udara AS, Frank Kendall, mengatakan bahwa ia tidak melihat adanya ancaman yang akan segera terjadi. 

“Saya tidak melihat adanya ancaman yang akan segera terjadi. Mudah-mudahan itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah terwujud,” kata Kendall di sela-sela konferensi teknologi pertahanan di Singapura.

Baca Juga: Militer China Usir Kapal Perang AS di Laut China Selatan

Namun, Kendall menambahkan bahwa China telah melakukan "sejumlah hal yang cukup agresif", termasuk "memiliterisasi" Laut China Selatan. China mengklaim sebagian besar jalur air sebagai wilayahnya dan mengatakan AS adalah pendorong militerisasi terbesar di wilayah tersebut.

Beijing bereaksi dengan kemarahan tahun lalu ketika mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan, dan Beijing melihat Taiwan sebagai bagian tak terpisahkan dari China. 

Militer China mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka memantau dan mengusir kapal perusak AS yang secara ilegal memasuki perairan di sekitar Kepulauan Paracel di Laut China Selatan. Angkatan Laut AS mengatakan pernyataan China tidak akurat.

Kendall menunjuk kehadiran balon pengintai China yang dicurigai di wilayah udara AS pada Februari sebagai "tindakan agresi", tetapi mengatakan itu "bukan ancaman militer yang serius" dan tidak mungkin terjadi lagi. 

Beijing membantah balon itu adalah pesawat mata-mata pemerintah. Kendall meminta kedua negara untuk bekerja sama dan meningkatkan kerja sama mereka.

Baca Juga: Taiwan Siapkan Rencana Darurat Jika Diserang China Saat Presiden di Luar Negeri

Kendall menegaskan bahwa siapa pun yang memikirkan tindakan agresi yang akan melibatkan AS akan membuat kesalahan yang sangat serius. AS siap mempertahankan Taiwan, tetapi tidak melihat ancaman China yang akan menyerang pulau tersebut. 

AS juga menopang aliansi di Asia-Pasifik untuk melawan pengaruh Beijing, yang dianggap telah melakukan sejumlah hal yang cukup agresif, termasuk "memiliterisasi" Laut China Selatan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×