kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tertekan Inflasi, Konsumen di Sejumlah Negara Dilanda Pesimisme


Selasa, 12 Juli 2022 / 15:25 WIB
Tertekan Inflasi, Konsumen di Sejumlah Negara Dilanda Pesimisme
ILUSTRASI. Dolar Australia. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - SIDNEY. Kenaikan harga pangan yang kompak terjadi secara global telah menyebabkan indeks sentimen konsumen beberapa negara turun. Adapun, sentimen konsumen adalah indikator ekonomi yang mengukur seberapa optimis perasaan konsumen tentang keuangan dan keadaan ekonomi mereka.

Terbaru, ada Australia yang mengumumkan bahwa  indeks sentimen konsumen telah turun selama delapan bulan berturut-turut untuk menyamai posisi terendah pandemi pada Juli. Indeks sentimen konsumen Westpac-Melbourne Institute turun 23% dari Juli tahun lalu di 83,8.

Kepala ekonom Westpac Bill Evans mencatat sentimen sekarang telah jatuh hampir 20% sejak Desember, jenis penurunan yang diperpanjang yang biasanya dikaitkan dengan guncangan atau resesi global.

Kesuraman sebagian mencerminkan keputusan Reserve Bank of Australia (RBA) pekan lalu untuk menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin lagi menjadi 1,35%, memperingatkan bahwa lebih banyak akan diperlukan untuk menahan inflasi yang tidak terkendali.

Baca Juga: Konsumen Australia Kian Pesimistis di Tengah Kekhawatiran Inflasi

"Tarif tunai telah meningkat pada kecepatan yang lebih cepat daripada yang kita lihat dalam siklus apa pun sejak 1994 dan ini jelas meresahkan bagi konsumen yang juga menghadapi kenaikan tajam dalam biaya hidup," kata Evans dikutip dari Reuters, Selasa (12/7).

Kenaikan biaya pinjaman menambah tekanan dari harga bensin yang lebih tinggi, perumahan dan makanan, dan melihat ukuran keuangan keluarga Westpac dibandingkan dengan tahun lalu turun 2,8%.

Sebelumnya, Jerman pun memperkirakan indeks sentimen konsumennya bakal turun karena perang Ukraina dan terputusnya rantai pasokan mendorong harga energi dan pangan lebih jauh.

Institut GfK mengatakan indeks sentimen konsumennya, berdasarkan survei terhadap sekitar 2.000 warga Jerman, turun ke -27,4 poin menjelang Juli setelah membukukan pemulihan jangka pendek pada Juni dengan angka revisi -26,2 poin.

Baca Juga: Bukan China, Inilah Negara dengan Populasi Terbesar di Dunia pada 2023

"Perang yang sedang berlangsung di Ukraina dan gangguan dalam rantai pasokan menyebabkan harga energi dan pangan khususnya meroket, menghasilkan iklim konsumen yang lebih suram daripada sebelumnya," kata Rolf Buerkl, pakar konsumen GfK.

Pada bulan Mei, inflasi Jerman naik menjadi 8,7% - level tertinggi dalam hampir setengah abad - karena dampak invasi Rusia ke Ukraina yang dibangun di atas kemacetan yang ada yang disebabkan oleh pandemi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×