kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tesla Mulai Mengirimkan Truk Listrik Produksinya ke Pelanggan


Jumat, 02 Desember 2022 / 21:26 WIB
Tesla Mulai Mengirimkan Truk Listrik Produksinya ke Pelanggan
ILUSTRASI. Elon Musk mengirimkan truk listrik bernama Semi pada hari Kamis ke PepsiCo.


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Chief Executive Tesla Inc, Elon Musk mengirimkan truk listrik bernama Semi pada hari Kamis ke PepsiCo. Namun belum dijelaskan terkait perkiraan harga, rencana produksi, atau berapa banyak muatannya bisa mengangkut.

Musk, yang muncul di atas panggung di sebuah acara di pabrik Tesla di Nevada, mengatakan truk bertenaga baterai jarak jauh itu akan mengurangi emisi di jalan raya, mengungguli model diesel yang ada dalam hal daya dan keselamatan, dan menghasilkan teknologi pengisian cepat yang akan digunakan Tesla.

"Jika Anda seorang pengemudi truk dan Anda menginginkan rig paling keren di jalan, ini dia," kata Musk, mencatat bahwa sudah lima tahun sejak Tesla mengumumkan sedang mengembangkan truk serba listrik. 

Namun, pakar industri tetap skeptis bahwa truk listrik baterai dapat mengatasi beban berat dalam mengangkut beban ratusan mil secara ekonomis.

Baca Juga: Tesla Recall untuk Pembaruan Perangkat Lunak Bagi 435.000 Mobil di China

Perusahaan tidak mengumumkan harga untuk Semi, memberikan perincian tentang varian truk yang awalnya diproyeksikan atau memberikan perkiraan pengiriman ke PepsiCo atau pelanggan lain. Tesla mengatakan akan mulai menggunakan Semi untuk mengirimkan suku cadang ke pabriknya di Fremont, California.

Pada 2017, Tesla mengatakan versi Semi 300 mil akan menelan biaya US$ 150.000, dan versi 500 mil US$180.000, tetapi harga kendaraan listrik penumpang Tesla telah meningkat tajam sejak saat itu.

Robyn Denholm, ketua Tesla, baru-baru ini mengatakan produsen mobil itu mungkin memproduksi 100 mobil Semi tahun ini. Musk mengatakan Tesla akan memproduksi 50.000 truk pada tahun 2024.

Baca Juga: Elon Musk Incar Korea Selatan untuk Rencana Ekspansi Tesla

PepsiCo, yang menyelesaikan pengiriman kargo pertamanya dengan truk Tesla untuk mengantarkan makanan ringan bagi mereka yang menghadiri acara peluncuran di Nevada, telah memesan 100 truk pada tahun 2017.

Brewer Anheuser-Busch, United Parcel Service Inc dan Walmart Inc adalah beberapa perusahaan lain yang telah memesan Semi. Tesla tidak memberikan perincian tentang pesanan atau pengiriman ke pelanggan, atau perkiraan berapa total biaya kepemilikan untuk pembeli di masa depan yang akan dibandingkan dengan alternatif diesel.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×