kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Thailand longgarkan masa karantina bagi turis asing yang sudah divaksin


Senin, 08 Maret 2021 / 20:01 WIB
Thailand longgarkan masa karantina bagi turis asing yang sudah divaksin
ILUSTRASI. Thailand melonggarkan kebijakan karantina bagi pelancong yang masuk wilayahnya mulai bulan depan.

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  BANGKOK. Thailand melonggarkan kebijakan karantina bagi pelancong yang masuk wilayahnya mulai bulan depan. Masa karantina yang sejatinya 14 hari akan dipersingkat menjadi tujuh hari dengan syarat pelancong sudah menerima vaksinasi.

Dilansir dari Reuters, Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul menyampaikan, pelonggaran tersebut berlaku bagi pelancong yang sudah melakukan vaksinasi dalam kurun waktu tiga bulan sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, pelancong juga wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dalam tiga hari sebelum melakukan perjalanan.

“Orang asing yang bepergian ke Thailand dengan sertifikat vaksinasi sesuai dengan persyaratan masing-masing merek, hanya perlu karantina selama tujuh hari,” ujar Anutin saat konferensi pers, Senin (8/3) seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Gara-gara kekurangan jarum suntik, vaksinasi corona di Jepang terhambat

Seperti diketahui, Thailand merupakan salah satu negara yang memberikan persyaratan ketat bagi turis yang hendak masuk wilayahnya. Terbukti, persyaratan ketat tersebut dapat menekan penyebaran virus corona yang saat ini sudah berjumlah 26.000 kasus dan 85 kematian di Thailand.

Hanya saja, pengetatan tersebut berdampak pada sektor pariwisata di Thailand sendiri. Banyak terjadi penutupan bisnis dan efek kehilangan pekerjaan bagi masyarakatnya.

Meskipun akan memperlonggar kebijakan karantina, hal tersebut tidak akan berlaku bagi pelancong yang berasal dari Afrika. Ini dikarenakan muncul kekhawatiran terhadap varian baru virus corona.

Saat ini, Thailand telah melakukan vaksinasi terhadap 27.497 orang. Anutin mengatakan, jika sampai bulan Oktober 2021 jumlah yang divaksin sudah mencapai 70% tenaga medis, bukan tidak mungkin akan terjadi pelonggaran lagi bahkan pembebasan kewajiban karantina.

Anutin menambahkan, negaranya masih membutuhkan 10 juta hingga 20 juta dosis tambahan vaksin dari produsen lain. Saat ini, Thailand telah memesan 61 juta dosis vaksin AstraZeneca untuk vaksinasi massal yang dijadwalkan pada bulan Juni.

 

Selanjutnya: Kampanye vaksinasi COVID-19 di Thailand dimulai

 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×