kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   97,00   0,63%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%

The Fed Pangkas Suku Bunga, Pasar Soroti Potensi Dampak Ekonomi


Kamis, 19 September 2024 / 13:20 WIB
 The Fed Pangkas Suku Bunga, Pasar Soroti Potensi Dampak Ekonomi
ILUSTRASI. Rapat Federal Reserve (The Fed) yang berlangsung baru-baru ini menjadi salah satu yang paling signifikan dalam sejarah. REUTERS/Jonathan Ernst


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Rapat Federal Reserve (The Fed) yang berlangsung baru-baru ini menjadi salah satu yang paling signifikan dalam sejarah, menarik perhatian investor terhadap satu pertanyaan utama: apakah bank sentral AS telah memulai siklus pemangkasan suku bunga tepat waktu untuk mencegah perlambatan ekonomi yang terlalu drastis?

The Fed pada hari Rabu memutuskan untuk menurunkan suku bunga sebesar 50 basis poin, menandai pemangkasan suku bunga pertama dalam lebih dari empat tahun. Pemangkasan ini bertujuan untuk menjaga kestabilan ekonomi yang dinilai tangguh, alih-alih menjadi respons darurat terhadap melemahnya pasar tenaga kerja.

Taruhan mengenai besaran pemangkasan suku bunga telah berubah-ubah menjelang rapat, dengan perbedaan pendapat yang tajam terjadi pada pagi hari sebelum keputusan diumumkan.

Dampak Terhadap Pasar Saham dan Obligasi

Seberapa jauh pandangan Ketua Fed, Jerome Powell, akan berpengaruh, menjadi faktor penting bagi tren saham dan obligasi hingga akhir 2024.

Peluang "soft landing," di mana Fed berhasil menurunkan inflasi tanpa memicu resesi, telah meningkatkan kinerja pasar saham dan obligasi tahun ini. Namun, tanda-tanda melemahnya pasar tenaga kerja membuat sebagian pelaku pasar khawatir bahwa Fed mungkin terlambat bertindak untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Penurunan Suku Bunga The Fed dan BI Diharapkan Berdampak Baik Bagi Perekonomian

"Pada saat ini, sepertinya pasar akan berhenti sejenak untuk mencerna keputusan ini yang mengejutkan banyak pihak," ujar Eric Beyrich, co-CIO di perusahaan penasihat investasi Sound Income Strategies.

"Akan ada orang-orang yang berpikir, 'Wah, jika The Fed memangkas sebesar itu, apa yang mereka lihat yang kita tidak lihat, yang menunjukkan ekonomi akan semakin buruk?'," tambahnya.

Pasar bereaksi relatif tenang pada hari Rabu, di mana saham, obligasi pemerintah, dan dolar AS menghapus kenaikan awal pasca keputusan Fed. Indeks S&P 500 (.SPX) berakhir turun 0,3%, setelah sebelumnya sempat naik 1% dalam sesi perdagangan. Meski begitu, indeks ini masih naik hampir 18% sepanjang tahun ini dan berada di dekat rekor tertinggi.

Pandangan Powell dan Skeptisisme Investor

Dalam komentarnya usai pengumuman keputusan, Powell menyebut bahwa pemangkasan ini merupakan "rekalibrasi" untuk menyesuaikan dengan penurunan inflasi yang tajam sejak tahun lalu, serta untuk memastikan Fed tetap di depan dalam menghadapi kemungkinan melemahnya pasar tenaga kerja.

Namun, beberapa investor meragukan pandangan optimis Powell tersebut. "Meskipun Ketua Powell mengatakan demikian dalam konferensi pers, pemangkasan sebesar 50 basis poin menunjukkan adanya kekhawatiran bahwa mereka tertinggal dari perkembangan," kata Josh Emanuel, chief investment officer di Wilshire.

Baca Juga: Usai Turunkan Bunga 50 Basis Poin, The Fed Akan Pangkas Bunga 100 Bps Lagi di 2025

Emanuel juga mengungkapkan bahwa sebelum pertemuan Fed, ia telah memperbanyak investasi di obligasi berkualitas tinggi, mengantisipasi penurunan ekonomi lebih lanjut.

Meski ada skeptisisme, sebagian pelaku pasar meyakini bahwa pemangkasan suku bunga ini adalah perkembangan positif bagi pasar dan akan mengangkat ekonomi.

"Saya pikir ini secara dramatis meningkatkan peluang bahwa The Fed dapat mencapai soft landing, yang pada akhirnya akan menguntungkan aset-aset berisiko," kata Jeff Schulze, kepala strategi ekonomi dan pasar di ClearBridge Investments.

Tren Pasar Setelah Pemangkasan Suku Bunga

Saham secara historis berkinerja baik setelah pemangkasan suku bunga, selama ekonomi tidak berada dalam resesi.

Data dari Evercore ISI yang mencakup periode sejak 1970 menunjukkan bahwa indeks S&P 500 mencatat kenaikan rata-rata 14% dalam enam bulan setelah pemangkasan suku bunga pertama dalam siklus pemangkasan, selama ekonomi tidak resesi. Sebaliknya, jika pemangkasan dilakukan dalam masa resesi, S&P 500 mencatat penurunan rata-rata sebesar 4%.

Rick Rieder, kepala investasi pendapatan tetap global di BlackRock, menilai pasar mungkin bereaksi berlebihan terhadap laporan pasar tenaga kerja yang lebih lemah dari ekspektasi baru-baru ini.

Data lain, seperti perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB), masih menunjukkan ekonomi yang kuat. "Saya pikir pasar kembali terlalu cepat menyimpulkan bahwa data tersebut sangat lemah," katanya. "Ketua Powell mengatakan ekonominya solid, dan memang benar begitu."

Baca Juga: Ruang Pemangkasan Bunga Acuan Masih Ada

Penyesuaian Jangka Panjang di Pasar Keuangan

Pejabat Fed memperbarui proyeksi mereka tentang suku bunga dari perkiraan pada Juni lalu. Meskipun mereka sekarang memperkirakan pemangkasan yang lebih dalam, proyeksi tersebut masih di atas ekspektasi pasar yang menginginkan kebijakan moneter lebih longgar.

Fed memproyeksikan bahwa suku bunga akan berada di 3,4% pada akhir tahun depan, sementara pedagang memperkirakan sekitar 2,9%. Titik akhir pemangkasan suku bunga oleh Fed juga sedikit meningkat, dari 2,8% menjadi 2,9%.

Perbedaan ini kemungkinan memicu pembalikan di pasar obligasi pemerintah, yang menyebabkan penjualan obligasi bertenor lebih panjang pada hari Rabu. Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun, yang bergerak berlawanan arah dengan harga obligasi, berada di sekitar 3,73% setelah sebelumnya menyentuh level terendah sejak pertengahan 2023 awal pekan ini.

"Mengenai laju pemangkasan yang diharapkan, saya pikir reaksi pasar ini adalah hal yang tepat," kata John Madziyire, kepala obligasi pemerintah AS dan TIPS di Vanguard. Ia memprediksi imbal hasil jangka panjang akan terus meningkat.

Baca Juga: Era Suku Bunga Tinggi Berakhir, Pamor Obligasi Naik Daun

Tantangan Masa Depan dan Pemilu AS

Sebagian investor juga memproyeksikan dampak yang lebih jauh ke depan, di mana hasil pemilihan presiden AS 2024 dipandang dapat mempengaruhi kebijakan suku bunga.

"Jika perang dagang terjadi kembali di bawah kepemimpinan Trump, itu bisa menjadi negatif bagi obligasi pendapatan tetap," ujar Andrzej Skiba, kepala obligasi pendapatan tetap AS di RBC Global Asset Management.

"Hal ini akan mendorong inflasi dan membatasi kemampuan The Fed untuk menurunkan suku bunga," terangnya.

Selanjutnya: Apa Itu Susu Ikan? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Menarik Dibaca: Promo Holland Bakery 16-29 September 2024, Voucher GrabFood Diskon 20% Banana Cake




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×