kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,39   11,11   1.29%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga Media Besar di Asia, Termasuk KG Media Resmi Bentuk Konsorsium Berkelanjutan


Jumat, 21 Juni 2024 / 18:05 WIB
Tiga Media Besar di Asia, Termasuk KG Media Resmi Bentuk Konsorsium Berkelanjutan
ILUSTRASI. Star Media Group, KG Media, dan Inquirer Group of Companies Resmi Bentuk Konsorsium Berkelanjutan Pertama di Asia    


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

KONTAN.CO.ID - KUALALUMPUR. Tiga perusahaan media berpengaruh di Asia; Star Media Group (SMG) dari Malaysia, KG Media dari Indonesia, dan Inquirer Group of Companies (IGC) dari Filipina secara resmi meluncurkan konsorsium berkelanjutan pertama di Asia bernama Asia's ESG Positive Impact Consortium (AEPIC). Peluncuran resmi konsorsium ini dilakukan di Sime Darby Convention Centre, Kuala Lumpur, pada Jumat (21/6).

AEPIC dibentuk untuk memajukan kesadaran lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di seluruh ekosistem bisnis kawasan Asia. Ketiga media ini memiliki kemitraan kuat dengan tujuan yang sama, yakni mempercepat adopsi ESG di media arus utama demi memastikan akuntabilitas dan transparansi publik.

Sebagai media yang memiliki jangkauan besar di masing-masing negaranya, tiga perusahaan media yang tergabung dalam AEPIC menyadari bahwa tanggung jawabnya tak hanya terbatas pada pengumpulan dan distibusi berita, tapi juga pembangunan bangsa. Ketiga media ini akan menyampaikan konten yang informatif, menginspirasi dan memberdayakan khalayak di seluruh kawasan mereka.

Baca Juga: 16 Tim Catur Perusahaan Kembali Berlaga di Kontan Chess Championship 2024

Seremoni peluncuran AEPIC dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, sebagai simbol yang kuat dan apresiasi terhadap kolaborasi regional untuk ekonomi hijau. Kehadiran Anwar Ibrahim juga ditemani oleh politisi tersohor Malaysia, Nik Nazmi, yang menandakan bahwa ada dukungan kuat dari Pemerintah Malaysia untuk misi konsorsium berkelanjutan ini.

"Kita harus menyadari bahwa untuk mencapai nol emisi membutuhkan upaya kolaboratif yang melibatkan semua pihak - pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Di sinilah saya percaya bahwa pembentukan AEPIC  sangat tepat waktu, di mana konsorsium ini dapat memanfaatkan kehebatan tiga kelompok media untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif antara para pemangku kepentingan, bisnis, dan masyarakat," ujar Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim.

Acara peluncuran juga semakin bergengsi dengan hadirnya perwakilan pemerintah Indonesia, Filipina dan negara-negara di kawasan Asia lainnya, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Bapak Hermono, Duta Besar Filipina untuk Mayalsia Maria Angela Abrera Ponce, dan para duta besar serta perwakilan diplomatik dari seluruh Asia.

CEO KG Media, Andy Budiman menyampaikan rasa bangganya telah berpartisipasi dalam AEPIC. Baginya, ini merupakan kesempatan untuk KG Media mempertegas komitmennya terhadap isu berkelanjutan.

"KG Media dengan bangga mengumumkan kemitraan kami dengan AEPIC, sebuah kolaborasi strategis yang memperkuat keyakinan bahwa masa depan yang berkelanjutan adalah tanggung jawab kita bersama. Aliansi dengan media terkemuka ini memposisikan kami sebagai katalisator pembangunan sosial-ekonomi yang positif. Sebab komitmen kami tegas, yakni menampilkan dan memperkuat upaya lokal yang berdampak, memberdayakan bisnis. dan masyarakat melalui strategi media," ujar Andy.

Baca Juga: Media Besar di Asia Inisiasi Konsorsium Keberlanjutan Pertama di Kawasan Asia

Sementara itu, CEO Philippine Daily Inquirer, Rudyard Arbolado menuturkan, AEPIC juga menegaskan komitmen IGC untuk mendorong keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. "Hari ini adalah tonggak penting bagi Inquirer Group of Companies karena kami dengan bangga mengumumkan kemitraan kami bersama AEPIC. Aliansi strategis ini menggarisbawahi komitmen kami untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan tanggung jawab sosial," jelas Rudyard.

Pada kesempatan yang lain, CEO SMG Chan Seng Fatt menjelaskan bahwa keikutsertaan SMG dalam aliansi bergengsi ini adalah bentuk dedikasi perusahaannya untuk mendukung inisiatif ESG.

“Melalui kekuatan kolektif dari jangkauan kami yang mencapai lebih dari 123 juta orang, kami membayangkan Asia yang berkelanjutan di mana kolaborasi media mendorong komitmen lingkungan, sosial-ekonomi, dan tata kelola yang progresif demi kemakmuran masa depan di seluruh kawasan. Kami berdedikasi untuk mempromosikan dan mendukung inisiatif ESG setiap anggota untuk mendidik, melibatkan dan membina persaudaraan para praktisi ESG yang berpikiran sama untuk mempercepat adopsi ESG di seluruh wilayah,” ujar Chan Seng Fatt.

Sebagai bagian dari misi, AEPIC ingin berkolaborasi dengan para pelaku usaha untuk memperkuat perubahan yang berkelanjutan di seluruh wilayah. Konsorsium ini juga terbuka bagi media lain di seluruh Asia yang ingin bergabung. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang konsorsium dan misinya, kunjungi esgpositiveimpactconsortium.asia.

Menjawab tantangan ESG

Pemanasan global, kesenjangan sosial, dan permasalahan tata kelola sudah menjadi isu-isu global yang mendesak. Tantangan ini semakin mempertegas pentingnya prinsip-prinsip ESG dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan dan sejahtera. Industri media memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesadaran, mendorong kolaborasi, dan mempengaruhi perubahan positif untuk masa depan yang berkelanjutan. 

AEPIC pun dibentuk untuk masa depan yang dicita-citakan tersebut melalui tiga pilar, yakni pendidikan, keterlibatan, dan komunitas yang akan dipimpin oleh masing-masing media. Adapun pendekatan yang akan dilakukan oleh AEPIC lewat ketiga pilar tersebut adalah dengan tiga cara.

Pertama, melalui pendidikan. Cara ini dengan mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam kesadaran sosial melalui strategi media yang komprehensif, yang akan menjembatani kesenjangan komunikasi antara pembuat kebijakan, bisnis, investor, dan masyarakat umum.

Kedua, adanya keterlibatan. Cara ini menciptakan peluang bagi para pelaku usaha, terutama UKM, untuk senantiasa terhubung dengan praktisi keberlanjutan yang berpengalaman, membina lingkungan yang kolaboratif untuk pertukaran pengetahuan dan pertumbuhan bisnis.

Ketiga, peran serta komunitas. Membangun jaringan kolaboratif sebagai voice of authority dan menjadikan komunitas ini sebagai tolak ukur dan inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya.

Tak hanya upaya lewat ketiga pilar, AEPIC akan memanfaatkan platformnya sendiri untuk meluncurkan lokakarya dan konferensi lokal. Konsorsium ini juga akan memproduksi konten editorial untuk meningkatkan kesadaran, mengedukasi prinsip-prinsip ESG, berbagi pengetahuan, dan menyoroti kisah sukses.

Selain itu, setiap perwakilan negara juga akan meluncurkan inisiatif lokalnya masing-masing. Dimulai dengan Local ESG Positive Impact Awards untuk Malaysia dan Filipina, serta Lestari Awards untuk Indonesia. Pemenang lokal dari masing-masing ajang penghargaan ini akan bersaing kembali di ajang tingkat regional, Asia ESG Positive Impact Awards, dan hadir di acara puncak pertemuan regional pada 2025 mendatang.

Lebih dalam tentang komitmen KG Media terhadap akselerasi SDGs

KG Media memprakarsai beberapa proyek berkelanjutan, yakni ;Jagoan Lokal, Saya Pilih Bumi, aktivisme sosial, fitur AI klasifikasi konten KG Media Lestari, dan penghitungan jejak karbon. KG Media meyakini, bahwa memajukan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) adalah perjalanan yang membutuhkan upaya dan kolaborasi berkelanjutan dari semua pemangku kepentingan.

Tahun ini, KG Media juga akan menyelenggarakan Lestari Awards, ajang penghargaan yang mengapresiasi inisiatif-inisiatif berkelanjutan oleh perusahaan-perusaahaan yang mempercepat capaian SDGs di Indonesia, dan menjadikan keberhasilan mereka sebagai inspirasi bagi orang lain.

KG Media pun membuka peluang bagi para perusahaan yang memiliki insiatif berkelanjutan untuk ikut serta dalam berkompetisi dalam upaya kebaikan. Silakan masuk pada website berikut untuk mendaftarkan perusahaan lestari.kgmedia.id/award.




TERBARU

[X]
×