kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tim Ini Temukan Objek Aneh yang Tidak Biasa di Luar Angkasa, Apa?


Kamis, 27 Januari 2022 / 23:10 WIB
Tim Ini Temukan Objek Aneh yang Tidak Biasa di Luar Angkasa, Apa?


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Sebuah tim yang memetakan gelombang radio di alam semesta menemukan sesuatu yang tidak biasa, yang melepaskan ledakan energi raksasa tiga kali dalam satu jam. Dan, itu tidak seperti apa pun yang pernah para astronom lihat sebelumnya.

Tim yang menemukan sesuatu yang tidak biasa tersebut mengira itu bisa jadi bintang neutron atau katai putih, inti bintang yang runtu, dengan medan magnet yang sangat kuat.

Berputar di luar angkasa, objek aneh itu mengirimkan seberkas radiasi yang melintasi garis pandang kita, dan selama satu menit di setiap dua puluh, adalah salah satu sumber radio paling terang di langit.

"Objek ini muncul dan menghilang selama beberapa jam selama pengamatan kami," kata ahli astrofisika Dr Natasha Hurley-Walker dari Pusat Penelitian Astronomi Radio Internasional (ICRAR), yang memimpin tim yang membuat penemuan itu.

“Itu benar-benar tidak terduga. Itu agak menakutkan bagi seorang astronom karena tidak ada yang diketahui di langit yang melakukan itu," ujar dia, dikutip dari laman resmi ICRAR, Kamis (27/1).

Baca Juga: Sentry-II Milik NASA Dapat Memantau Lebih Dari 3000 Asteroid Berbahaya di Dekat Bumi

Baca Juga: James Webb, Teleskop Luar Angkasa NASA Dengan Misi Meneropong Alam Semesta Terbentuk

“Dan, itu sangat dekat dengan kita, sekitar 4.000 tahun cahaya jauhnya. Itu ada di halaman belakang galaksi kita,” ungkapnya.

Objek itu ditemukan oleh mahasiswa Curtin University Honors Tyrone O'Doherty menggunakan teleskop Murchison Widefield Array (MWA) di pedalaman Australia Barat dan teknik baru yang ia kembangkan.

“Sangat menarik bahwa sumber yang saya identifikasi tahun lalu ternyata menjadi objek yang aneh,” kata O'Doherty, yang sekarang sedang studi untuk gelar PhD di Curtin University.

Menurut Dr Hurley-Walker, temuan itu cocok dengan objek astrofisika yang diprediksi, yang disebut magnetar periode sangat panjang.
"Ini adalah jenis bintang neutron yang berputar perlahan yang telah diprediksi ada secara teoritis," ujarnya.

“Tapi, tidak ada yang menyangka akan langsung mendeteksi yang seperti ini karena kami tidak menyangka mereka begitu terang. Entah bagaimana itu mengubah energi magnet menjadi gelombang radio jauh lebih efektif dari apa pun yang pernah kita lihat sebelumnya,” sebut dia.




TERBARU

[X]
×