kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tim WHO temukan data yang belum pernah dilihat sebelumnya di Wuhan


Rabu, 03 Februari 2021 / 11:20 WIB
Tim WHO temukan data yang belum pernah dilihat sebelumnya di Wuhan
ILUSTRASI. Tim WHO mengatakan mereka mendapatkan data yang belum pernah dilihat siapa pun sebelumnya di Wuhan. REUTERS/Thomas Peter


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WUHAN. Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Wuhan yang menyelidiki asal-usul Covid-19 mengatakan mereka mendapatkan data yang belum pernah dilihat siapa pun sebelumnya. Temuan itu tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa virus telah lolos dari laboratorium di Wuhan

Dr Peter Daszak, bagian dari misi WHO yang sedang berjalan, mengatakan kepada Sky News: "Kami melihat informasi baru dan itu bagus, hal yang sangat berharga mulai membantu kami melihat arah yang benar untuk virus ini."

Dalam wawancara pertamanya dengan penyiar Inggris sejak tiba di China, Dr Daszak, yang merupakan presiden dari EcoHealth Alliance, sebuah LSM, mengatakan bahwa kunjungan ke Wuhan memberikan informasi berharga, terutama pasar makanan laut Huanan, tempat kasus Covid-19 pertama ditemukan.

"Kami berada di pasar, melihat-lihat sendiri dan mengajukan pertanyaan, kami bertemu dengan manajer pasar, dengan vendor yang bekerja di sana dan orang-orang dari komunitas dan mengajukan pertanyaan kepada mereka," jelasnya.

Baca Juga: WHO: Kita tidak boleh menyia-nyiakan vaksin untuk mengendalikan pandemi virus corona

Dia menambahkan, "Kami berbicara dengan orang yang mengumpulkan sampel dari pasar yang kemudian dinyatakan positif. Itulah jenis informasi yang kami peroleh dengan orang yang benar-benar penting."

Sky News memberitakan, tim misi WHO tiba di Wuhan lebih dari setahun setelah wabah dimulai pertama kali di sana. Sebelumnya, WHO sempat mengeluh tentang penundaan akses. Tetapi para ilmuwan China telah melakukan penelitian mereka sendiri tentang asal-usul Covid-19 untuk sementara waktu. 

Baca Juga: Menurut WHO, alat ini harus ada untuk perawatan pasien Covid-19 di rumah

"Ada sedikit petunjuk yang kami temukan di sana-sini untuk memperkaya data," jelas Dr Daszak.




TERBARU

[X]
×