kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tingkat ekspor China masih melempem


Jumat, 13 Januari 2017 / 12:35 WIB

Tingkat ekspor China masih melempem

SHANGHAI. Tingkat ekspor China terlihat masih melempem seiring permintaan global yang rendah. Kondisi ini kian membuat ketidakpastian atas ekonomi China semakin tinggi. Apalagi dari eksternal, China sempat mengalami perselisihan dengan presiden terpilih AS, Donald Trump.

Sekadar informasi, data yang dirilis Departemen Perdagangan China menunjukkan, tingkat pengiriman barang ke luar negeri turun 6,1% dari tahun sebelumnya pada Desember. Sedangkan tingkat impor naik 3,1%. Alhasil, neraca perdagangan China berhasil menorehkan surplus sebesar US$ 40,8 miliar.

Di sisi lain, melemahnya nilai tukar yuan mampu meminimalisir dampak pelemahan permintaan global. Hanya saja, faktor ini belum mampu mendongkrak penjualan. Informasi saja, sepanjang tahun lalu, yuan melemah 6,5% terhadap dollar AS dan terdepresiasi sebesar 6% terhadap keranjang mata uang utama dunia.  

Ekonomi China diprediksi akan menghadapi tantangan besar dan tingkat ketidakpastian yang tinggi tahun ini, karena Trump akan resmi menjabat sebagai presiden AS dalam kurun waktu sepekan mendatang. Sebelumnya, Trump menuding China melakukan aksi curang dalam perdagangan.

 


Sumber : CNBC
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Video Pilihan

Tag

Close [X]
×