kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tingkat pengangguran Amerika Serikat turun dan terendah dalam setengah abad


Minggu, 05 Mei 2019 / 09:00 WIB

Tingkat pengangguran Amerika Serikat turun dan terendah dalam setengah abad

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pertumbuhan pekerjaan di Amerik Serikat (AS) melonjak pada bulan April 2019 dan tingkat pengangguran turun ke level terendah dalam hampir setengah abad. Data ini menunjukkan kekuatan yang berkelanjutan dalam kegiatan ekonomi AS meskipun efek stimulus besar-besaran dari pemotongan pajak dan peningkatan belanja Pemerintah AS telah memudar.

Reuters melaporkan, data ketenagakerjaan bulanan yang dikeluarkan Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat (3/5) menunjukkan, sebanyak 263.000 pekerjaan baru diciptakan pada bulan lalu dan sebagian besar di sektor industri. Sementara tingkat pengangguran hanya 3,6%, terendah sejak Desember 1969.


Namun, kenaikan upah tidak secepat seperti yang diharapkan dan konsisten dengan inflasi AS yang moderat.

Penghasilan per jam rata-rata hanya naik 6 sen dollar, atau 0,2% di bulan April 2019. Di bulan Maret 2019, penghasilan per jam juga naik 0,2%, Itu membuat kenaikan upah tahunan sebesar 3,2% untuk dua bulan berturut-turut.

Laporan itu mendukung keputusan Federal Reserve pada Rabu (1/5) untuk mempertahankan suku bunga dan menyiratkan sedikit peluang untuk menyesuaikan kebijakan moneter dalam waktu dekat.

Ketua Fed Jerome Powell menggambarkan ekonomi dan pertumbuhan pekerjaan sedikit lebih kuat dari yang The perkirakan dan inflasi agak lemah.

"Keuntungan dari tingkat pekerjaan ini, cukup kuat untuk menghilangkan kekhawatiran atas kesehatan ekonomi AS. Namun kenaikan upah yang lambat tidak cukup kuat memaksa Federal Reserve untuk memperketat kebijakan," kata Harm Bandholz, Kepala Ekonom UniCredit Research di New York seperti dilansir Reuters.

Data lapangan kerja baru AS di bulan April 2019 itu lebih tinggi dari perkiraan. Ekonom yang disurvei Reuters memperkirakan 185.000 lapangan pekerjaan baru di bulan lalu.

Ekonomi yang kuat, terutama pasar tenaga kerja, memberi harapan terpilihnya kembali Presiden Donald Trump pada tahun depan. Trump menyambut gembira data lapangan kerja di bulan April 2019 yang kuat tersebut.

"JOBS, JOBS, JOBS," cuit Trump di akun Twitter.


Reporter: Khomarul Hidayat
Editor: Komarul Hidayat

Video Pilihan


Close [X]
×