kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45975,16   -1,28   -0.13%
  • EMAS915.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Tingkat vaksinasi capai 60%, pembatasan Covid-19 di Sydney bakal dilonggarkan


Senin, 27 September 2021 / 07:44 WIB
Tingkat vaksinasi capai 60%, pembatasan Covid-19 di Sydney bakal dilonggarkan
ILUSTRASI. masa penguncian untuk menekan laju sebaran virus corona (COVID-19) di Sydney, Australia

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  SYDNEY. Pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) berencana untuk merilis roadmap pelonggaran aturan dari pembatasan ketat yang sudah berlangsung di wilayah tersebut.

Roadmap yang diberikan akan merinci berbagai tingkat kebebasan yang bakal diberikan kepada warga NSW berdasarkan status vaksinasi mereka.

Hal ini dilakukan, karena 60% orang berusia 16 tahun ke atas yang berada di NSW sudah diinokulasi penuh. Persentase ini di atas rata-rata inokulasi nasional yang baru mencapai 52%. Berdasarkan tingkat vaksinasi saat ini, para pejabat berharap untuk mencapai target 80% sekitar akhir Oktober.

"Anda akan terkejut dengan apa yang akan diumumkan," kata Wakil Perdana Menteri John Barilaro kepada radio 2GB, hari ini (27/9).

"Jika Anda menginginkan kebebasan yang sedang kita bicarakan, Anda harus divaksinasi," tambah dia.

Negara bagian NSW mulai melonggarkan beberapa pembatasan pada hari hari ini, termasuk di ibu kota Sydney. Hal ini memungkinkan lokasi konstruksi untuk kembali ke kapasitas penuh dan kolam renang terbuka dibuka kembali dengan langkah-langkah jarak sosial.

Pihak berwenang, pada hari Minggu (26/9) berjanji, perjalanan di dalam negara bagian akan diizinkan ketika ambang batas 80% tercapai.

Baca Juga: PM Australia menolak berkomitmen untuk hapus bahan bakar fosil secara bertahap

Beberapa bulan belakangan, Australia memang berada dalam cengkeraman gelombang infeksi ketiga, dipicu oleh varian Delta yang sangat menular. Hal tersebut telah memaksa penguncian di Sydney dan Melbourne, kota-kota terbesarnya, dan ibu kota Canberra.

Skema pembukaan kembali secara nasional oleh pemerintah federal didasarkan ketika negara tersebut mencapai tingkat vaksinasi 70-80% untuk populasi orang dewasanya.

Namun, beberapa negara bagian bebas virus mengatakan, mereka mungkin akan menutup perbatasan bahkan ketika target itu tercapai.

Victoria, dengan ibu kota Melbourne, diperkirakan juga akan melonggarkan beberapa pembatasan mulai Rabu (29/9), ketika tingkat vaksinasi dosis pertama negara bagian itu diperkirakan akan mencapai lebih dari 80%.
Pejabat kesehatan melaporkan 705 kasus baru dengan satu kematian baru di negara bagian itu pada hari ini. Hal tersebut merupakan penurunan hari ketiga secara berturut-turut.

Dengan menutup perbatasan-nya di awal pandemi, Australia berhasil mengelola krisis Covid-19 lebih baik daripada banyak negara yang sebanding. Namun, kedatangan varian Delta di Sydney pada bulan Juni, menyebabkan lonjakan infeksi terbesar di negara itu. Di mana sekitar 68% dari hampir 100.000 kasusnya telah dilaporkan sejak saat itu.

Tingkat kematian, bagaimanapun, telah melambat tahun ini karena tingkat vaksinasi yang lebih tinggi di antara yang paling rentan. Sebanyak 1.232 kematian telah terdaftar.

 

Selanjutnya: Negara bagian Victoria catat kenaikan kasus Covid-19 harian tinggi, vaksinasi dikebut

 




TERBARU
Kontan Academy
The Hybrid Salesperson The New Way to Sell in The New Era Certified Supply Chain Manager (CSCM) Batch 2

[X]
×