kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.205   -50,00   -0,33%
  • IDX 7.776   32,73   0,42%
  • KOMPAS100 1.211   18,46   1,55%
  • LQ45 985   12,06   1,24%
  • ISSI 229   2,52   1,11%
  • IDX30 504   7,40   1,49%
  • IDXHIDIV20 609   9,30   1,55%
  • IDX80 138   1,54   1,13%
  • IDXV30 142   0,84   0,59%
  • IDXQ30 169   2,23   1,34%

Tiongkok Mendesak Kewaspadaan Terhadap Serangan Siber Taiwan


Senin, 23 September 2024 / 16:43 WIB
Tiongkok Mendesak Kewaspadaan Terhadap Serangan Siber Taiwan
ILUSTRASI. China sebut kelompok peretas yang didukung militer Taiwan melakukan serangan siber terhadap target-target di China.


Sumber: Reuters | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - BEIJING/TAIPEI. Kementerian Keamanan Nasional China mengatakan bahwa kelompok peretas yang didukung militer Taiwan yang disebut Anonymous 64 telah melakukan serangan siber terhadap target-target di China, dan mendesak orang-orang untuk melaporkan sabotase antipropaganda.

Kementerian Pertahanan Taiwan membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa China adalah pengganggu perdamaian yang sebenarnya dengan serangan siber dan pelecehan militernya. 

Sejak awal tahun ini, Anonymous 64 - yang menurut Kementerian Keamanan Nasional China adalah bagian dari sayap perang siber Taiwan - telah berupaya mengunggah dan menyiarkan konten yang merendahkan sistem politik dan kebijakan utama daratan, di situs web, layar luar ruangan, dan stasiun TV jaringan, katanya dalam sebuah posting blog. 

Taiwan sering menuduh kelompok-kelompok China berusaha menyebarkan disinformasi daring atau melakukan serangan siber di seluruh pulau yang diperintah secara demokratis itu. 

China mengklaim kedaulatan atas Taiwan dan telah meningkatkan tekanan militer dan politik selama lima tahun terakhir untuk menegaskan klaimnya.

Baca Juga: Pemilu AS: Kamala Harris Ungguli Donald Trump dalam Dua Jajak Pendapat Nasional

 Komando Informasi, Komunikasi, dan Pasukan Elektronik Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan tuduhan China tidak benar.

"Situasi musuh saat ini dan ancaman siber sangat serius," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Militer komunis China dan pasukan yang berkoordinasi dengannya terus menggunakan pesawat, kapal, dan serangan siber untuk mengganggu Taiwan dan menjadi pencetus yang merusak perdamaian regional." tambahnya. 

Pemerintah Taiwan menolak klaim kedaulatan Beijing.

Akun X milik kelompok peretas itu mengatakan bahwa akun itu dibuat pada Juni 2023 dan menunjukkan tangkapan layar upaya untuk menyiarkan video yang menyamakan Presiden China Xi Jinping dengan seorang kaisar, menandai ulang tahun kedua protes terhadap pembatasan COVID yang ketat di Beijing dan memperingati demonstrasi Lapangan Tiananmen 1989.

Satu video adalah pidato dari seorang anggota Anonymous 64 yang mengenakan topeng Guy Fawkes milik kelompok peretas Anonymous dengan gaya novel grafis dan film V for Vendetta.

Baik situs X maupun posting blog dari Kementerian Keamanan Nasional China tidak menyebutkan apakah Anonymous 64 memiliki afiliasi dengan kelompok peretas internasional tersebut. 

Reuters tidak dapat segera memverifikasi di mana kelompok tersebut bermarkas atau apakah mereka benar-benar telah melakukan serangan peretasan yang dituduhkan kepada mereka. 

Baca Juga: TikTok Terancam Dilarang Pemerintah AS Jika Tak Segera Melakukan Divestasi

Dalam posting blog yang dipublikasikan di akun WeChat resminya, Kementerian Keamanan Nasional mengatakan penyelidikannya terhadap kelompok tersebut telah menemukan banyak situs web yang diklaim diakses oleh Anonymous 64 adalah palsu atau memiliki sedikit lalu lintas. 

Posting yang menunjukkan bahwa kelompok tersebut telah menyusup ke sejumlah situs web universitas dan media telah diedit, tambah kementerian tersebut. 

Kementerian Keamanan menerbitkan tangkapan layar akun X kelompok tersebut dengan teks yang sangat disunting. 

Kementerian tersebut juga mengatakan telah membuka kasus terhadap tiga anggota sayap perang siber Taiwan. 

"Kami menganjurkan agar warganet tidak mempercayai atau menyebarkan rumor dan harus segera melaporkan serangan siber atau kasus aktivitas antipropaganda kepada otoritas keamanan nasional," kata posting blog tersebut.

Baca Juga: Jarang Terjadi, Singapura Bersiap Menggelar Sidang Korupsi Tingkat Tinggi

Selanjutnya: BMKG Deteksi Bibit Badai Siklon Tropis 93W, Cuaca Hujan Deras di Provinsi Ini

Menarik Dibaca: BMKG Deteksi Bibit Badai Siklon Tropis 93W, Cuaca Hujan Deras di Provinsi Ini




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×